Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekeringan Ekstrem Melanda 12 Wilayah di NTT

Kompas.com - 01/08/2019, 15:32 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 11 kabupaten dan satu kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terkena dampak kekeringan ekstrem.

"Untuk 11 wilayah yang terkena dampak kekeringan ekstrem itu tersebar di Pulau Flores, Timor dan Sumba," ujar Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang Apolinaris S Geru kepada Kompas.com, Kamis (1/8/2019).

Menurut Geru, 12 wilayah itu, yakni Kabupaten Kupang, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Sumba Barat, Sumba Timur, Sabu Raijua, Rote Ndao, Belu, Timor Tengah Utara dan Kota Kupang.

Untuk Kabupaten Kupang, menurut Geru, kekeringan ekstrem terjadi di wilayah Oekabiti, Lelogama, Oenesu, Oelnasi dan Sulamu.

Sedangkan, di Kabupaten Ende, kekeringan ekstrem melanda Kecamatan Nanganio; Kabupaten Sikka di Kecamatan Magepanda dan Waigete; Flores Timur di Kecamata Larantuka dan Konga.

Baca juga: Sumba Timur Dilanda Kekeringan Ekstrem, 137 Hari Tanpa Hujan

Kemudian, di Kabupaten Lembata di Kecamatan Wuariang dan Wulandoni; Kabupaten Sumba Barat di Kecamatan Waikabubak; Kabupaten Sumba Timur di Stasiun Meteorologi Waingapu, Wanga, Temu/Kanatang, Lambanapu, Rambangaru dan Kamanggih.

Kemudian di Sabu Raijua kekeringan terjadi di Daieko; Kabupaten Rote Ndao di Papela dan Busalangga; Kabupaten Belu terjadi di Atambua, Fatukmetan, Umarese, Fatulotu, Waedomu dan Haekesak.

Selain itu, di Kabupaten Timor Tengah Utara terjadi di sekitar Lurasik serta Kota Kupang di Stasiun Meteorologi El Tari, Bakunase, Oepoi dan Mapoli.

Berdasarkan peta prakiraan peluang curah hujan dasarian I Agustus 2019, diketahui untuk wilayah NTT pada umumnya diprakirakan memiliki peluang curah hujan 0-20 mm sebesar 90-100 persen.

"Kalau yang 12 daerah itu, kategori hari tanpa hujan itu sudah ekstrem, yakni di atas 60 hari," ujar Geru.

Dari 12 daerah itu, kata Geru, ada tiga daerah yang mengalami hari tanpa hujan terpanjang, yakni Kabupaten Sumba Timur 137 hari, Kabupaten Lembata 126 hari dan Kabupaten Belu 105 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com