Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Tipu Sutradara Gadungan "Sajadah Cinta", Libatkan Artis Ibu Kota hingga Catut Nama Trans 7 dan ANTV

Kompas.com - 30/07/2019, 09:50 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Kasus penipuan berkedok casting sinetron "Sajadah Cinta" di Kota Kediri, Jawa Timur, melibatkan 7 artis ibukota.

Berdasar keterangan dari polisi, aksi penipuan yang dilakukan tersangka Robby Sudarsono itu menimpa 25 warga dengan kerugian mencapai Rp 280 juta.

Saat ini, perkara tersebut saat ini sudah ditangani oleh Polres Kediri Kota. Kepala Polres Kediri Kota Ajun Komisaris Besar Anton Haryadi mengatakan, untuk melancarkan aksinya, tersangka mengaku telah bekerja sama dengan stasiun televisi Trans 7.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Tergiur tayang di televisi dan honor Rp 1,5 juta per episode

ilustrasi uang dalam amplop.Thinkstock ilustrasi uang dalam amplop.

Sebanyak 25 warga di Kota Kediri, Jawa Timur, menjadi korban penipuan berkedok sintron "Sajadah Cinta".

Sutradara gadungan yang telah dijadikan tersangka, Robby Sudarsono alias Bang Jay, menjanjikan para korban akan mendapat honor Rp 1,5 juta per episode dan tayang di dua stasiun tv nasional.

Namun, Bang Jay terlebih dulu meminta membayar sejumlah uang dan berpura-pura melakukan casting.

Jumlah yang dibayarkan para korban ke Bang Jay pun bervariasi, berkisar ratusan ribu untuk sekadar bisa ikut casting sedangkan untuk syuting bervariasi antara Rp 1,5 juta hingga Rp 40 juta.

"Anak saya habis sekitar Rp 20 juta," ujar Nyonya Kris, salah seorang orang tua calon artis saat gelar perkara di Mapolres Kediri Kota, Senin (29/7/2019).

Baca juga: Kondisi 25 Korban Sinetron "Sajadah Cinta" Malu dan Terpukul

2. Mengaku sutradara dari PT JAS Production

Ilustrasi syuting filmDOK. WEGO Ilustrasi syuting film

Kepala Polres Kediri Kota Ajun Komisaris Besar Anton Haryadi mengatakan, berdasar hasil penyelidikan dan penyidikan, polisi akhirnya menangkap Robby Sudarsono (52) alias Bang Jay, yang diketahui meruakan warga Bekasi.

"Yang bersangkutan mengaku sutradara dari PT JAS Production untuk sinetron yang ternyata tidak ada itu," ujar Anton Haryadi.

Anton menambahkan, latar belakang tersangka Robby Sudarsono dulunya merupakan seorang kru film yang berperan sebagai penghubung atau LO artis di Ibukota.

Baca juga: Kasus Penipuan Sinetron "Sajadah Cinta", 7 Artis Ibu Kota Ikut Diperiksa

3. Catut nama Trans 7 dan ANTV

Beberapa pesinetron ibu kota saat hadir dalam konferensi pers dugaan penipuan rekrutmen artis sinetron di Mapolres Kediri Kota, Jawa Timur, Senin (29/7/2019). Sebanyak 25 warga Kediri jadi korban penipuan sinetron Sajadah Cinta, dengan total kerugian Rp 280 juta. KOMPAS.com/M.AGUS FAUZUL HAKIM Beberapa pesinetron ibu kota saat hadir dalam konferensi pers dugaan penipuan rekrutmen artis sinetron di Mapolres Kediri Kota, Jawa Timur, Senin (29/7/2019). Sebanyak 25 warga Kediri jadi korban penipuan sinetron Sajadah Cinta, dengan total kerugian Rp 280 juta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com