Sebulan Kabur, Tahanan Rutan Lhoksukon Ditangkap di Rumahnya

Kompas.com - 28/07/2019, 12:05 WIB
Ilustrasi sel tahanan. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi sel tahanan.

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Tim Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Aceh Utara menangkap Bustami, tahanan yang kabur dari rumah tahanan (Rutan) Lhoksukon, Aceh Utara, 16 Juni 2019.

Bustami ditangkap di rumahnya di Desa Matang Sijuek Teungoh, Kecamatan Baktya Barat, Kabupataten Aceh Utara, Sabtu (27/7/2019) sore.

Kasat Narkoba Polres Aceh Utara, AKP Ildani Ilyas lewat keterangan tertulis, Minggu (28/7/2019), menyebutkan, Bustami divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Lhoksukon, Aceh Utara empat tahun penjara dalam kasus mengedarkan narkoba.

“Baru saja divonis oleh hakim, kebetulan rusuh di Rutan Lhoksukon, Bustami ini memanfaatkannya untuk kabur. Kita tangkap dia di rumahnya. Awalnya, masyarakat melaporkan bahwa dia ada di rumah. Lalu kita datangi dan langsung membawanya ke Polres,” kata AKP Ildani.


Dia menyebutkan, saat ditangkap Bustami tidak melakukan perlawanan. Petugas langsung membawanya ke Mapolres Aceh Utara.

“Kita juga sudah koordinasi dengan Rutan Lhoksukon untuk proses hukum berikutnya terhadap Bustami,” pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 73 narapidana melarikan diri saat rusuh di Rutan Lhoksukon, Aceh Utara pada 16 Juni 2019. Mayoritas tahanan yang kabur terlibat kasus narkotika.

Dari 73 narapidana itu, sebanyak 30 narapidana berhasil ditangkap. Sisanya masih melarikan diri.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X