Batam Berpeluang Terapkan Ekonomi Keuangan Berbasis Syariah

Kompas.com - 20/07/2019, 22:18 WIB
Pengembangan ekonomi keuangan berbasis syariah merupakan sumber pertumbuhan ekonomi baru.HADI MAULANA Pengembangan ekonomi keuangan berbasis syariah merupakan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

BATAM, KOMPAS.com - Pengembangan ekonomi keuangan berbasis syariah merupakan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Kepala BP Batam Edy Putra Irawady mengatakan, Batam sangat memiliki peluang besar dalam pengembangan produk halal berbasis syariah.

Namun, dalam pengembangan produk syariah halalan thayyiban berbasis informasi dan teknologi (IT) ini, tentu akan menghadapi dua tantangan.


Pertama, Berbasis IT pada light touch (sentuhan langsung) yang merupakan regulasi dan birokrasi yang tidak perlu banyak mengganggu.

Kemudian kedua, tidak perlu invisible authority atau otoritas yang tidak terlihat, bebas tanpa mengalami gangguan dari pihak lain.

Baca juga: Jokowi: Ekonomi Syariah Akan Bawa Perekonomian Indonesia Terkuat di Dunia

"Produk halalan thayyiban ini sangat baik untuk menggugah kreatifitas dan inovasi industri syariah, hal ini didukung oleh keunggulan yang komparatif dan kompetitif yang dimiliki oleh Batam," kata Edy usai menghadiri kegiatan seminar Kepri Syariah dan Halal Festival (Syahfest) 2019 di Engku Putri, Sabtu (20/7/2019) malam tadi.

Produk yang digagas Bank Indonesia perwakilan Kepri ini diperlukan ekosistem yang baik, sebab tantangannya adalah membangun light touch, artinya regulasi dan birokrasi jangan terlalu banyak mengganggu.

Selanjutnya no invisible authority atau peraturan yang mengganggu. Keduanya adalah ekosistem berbasis syariah dan Batam punya potensi besar untuk produk ini.

Hal itu menurut Edy akan menunjukkan semakin banyak usaha berbasis syariah dan mendorong tumbuhnya para pelaku ekonomi baru dan wiraswasta serta wadah pemberdayaan komunitas dan individu.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X