Permintaan Kuasa Hukum Bahar bin Smith Menjelang Eksekusi

Kompas.com - 18/07/2019, 12:55 WIB
Bahar bin Smith berjalan usai mencium bendera merah putih setelah vonis tiga tahun yang dijatuhkan kepadanya, Selasa (9/7/2019). KOMPAS.com/AGIE PERMADIBahar bin Smith berjalan usai mencium bendera merah putih setelah vonis tiga tahun yang dijatuhkan kepadanya, Selasa (9/7/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Kuasa hukum Bahar bin Smith, Ichwan Tuankota mengatakan, pihaknya telah menyampaikan surat permohonan agar kliennya tersebut ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Pondok Rajeg, Bogor. Surat diserahkan kepada jaksa penuntut umum yang akan melakukan eksekusi.

"Kami sudah sampaikan surat permohonan ke pihak JPU, agar terdakwa (Bahar bin Smith) bisa ditahan di Pondok Rajeg. Karena, sesuai aturan seharusnya terdakwa ditahan di sekitar domisili terdakwa," kata Ichwan kepada Kompas.com, Kamis (18/7/2019).

Baca juga: Bahar Hanya Divonis 3 Tahun, Kuasa Hukum Apresiasi Hakim

Baca juga: Tak Ajukan Banding, Bahar bin Smith Siap Tanggung Jawab Dunia Akhirat


Menurut Ichwan, pertimbangan lainnya agar memudahkan keluarga Bahar bin Smith saat ingin datang untuk menjenguk ke Lapas.

Bahar bin Smith divonis 3 tahun penjara. Jaksa penuntut umum segera menyiapkan eksekusi Bahar ke Lapas untuk menjalani masa pemidanaan.

Namun, sampai saat ini belum diketahui lokasi Lapas yang ditentukan jaksa untuk Bahar.

"Masih proses, tunggu salinan lengkap putusan dan lihat jika ada permohonan terpidana. Sesuai ketentuan, eksekusi dilaksanakan di daerah tempat tinggal terpidana," ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar Abdul Muis Ali.

Baca juga: Perjalanan Kasus Bahar bin Smith: Aniaya 2 Remaja, Tuding Jokowi hingga Vonis yang Diapresiasi



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X