Fakta Wabah Hepatitis A di Pacitan, 957 Warga Terjangkit hingga Khofifah Soroti Kualitas Air Bersih

Kompas.com - 03/07/2019, 17:25 WIB
Salah satu perawat puskesmas Ngadirojo kabupaten Pacitan Jawa Timur, tengah melakukan pemeriksaan medis terhadap salah satu pasien Hepatitis A (30/06/2019). KOMPAS.com/SLAMET WIDODOSalah satu perawat puskesmas Ngadirojo kabupaten Pacitan Jawa Timur, tengah melakukan pemeriksaan medis terhadap salah satu pasien Hepatitis A (30/06/2019).

KOMPAS.com - Kasus wabah Hepatitis A yang menjangkiti hampir 1000 warga di Pacitan menjadi sorotan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ia mengungkapkan jika penyebab penularan hepatitis A, problemnya dimulai dari perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kohar Hari Santoso mengatakan, penanganan untuk meredam wabah Hepatitis A sudah dilakukan dengan pemberian kaporit dan lisol.

Bahan kimiawi tersebut bertujuan untuk membersihkan air dan membunuh hama penyakit.

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Gubernur Khofifah jelaskan wabah kondisi di Pacitan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menceritakan kondisi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini usai menjenguk di Graha Amerta RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/7/2019).KOMPAS.com/GHINAN SALMAN Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menceritakan kondisi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini usai menjenguk di Graha Amerta RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/7/2019).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, penyebab merebaknya penularan penyakit Hepatitis A hingga menjadi kejadian luar biasa ( KLB) di Pacitan, Jawa Timur, karena perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat.

"Penularannya sudah menipis sebetulnya. Tapi dari awal problemnya karena PHBS ini, terutama berkaitan dengan air bersih. Kita akan suplai air bersih yang dibutuhkan masyatakat," kata Khofifah, Selasa (2/7/2019

Sementara itu, Khofifah sudah memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk memeriksa kebutuhan dan kadar kebersihan air di kabupaten tersebut.

Baca juga: Ini 5 Cara Agar Terhindar dari Penyebaran Wabah Hepatitis A

2. Khofifah: Cek kebersihan air warga 

Ilustrasi air bersihTHINKSTOCKS/KENZAZA Ilustrasi air bersih

Menurut Khofifah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur tidak tinggal diam untuk menghadapi kasus tersebut. Salah satunya dengan memeriksa kebutuhan dan kadar kebersihan air di kabupaten tersebut.

"Saya mengomunikasikan dengan Kadis Kesehatan supaya bisa diperiksa kecukupan air bersihnya, karena tadinya sempat meluas di delapan kecamatan," ujar Khofifah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X