Besok, Risma Dipastikan Sudah Boleh Pulang dari Rumah Sakit

Kompas.com - 02/07/2019, 13:39 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini KOMPAS.com/GHINAN SALMANWali Kota Surabaya Tri Rismaharini

SURABAYA, KOMPAS.com - Kondisi kesehatan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, yang tengah dirawat di ruang rawat inap Graha Amerta dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, sudah semakin sehat.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Surabaya Muhammad Fikser mengatakan, Risma dipastikan sudah bisa pulang pada Rabu (3/6/2019) besok.

Menurut Fikser, hasil rapat tim dokter RSUD dr Soetomo, telah diputuskan bahwa wali kota perempuan di Surabaya itu bisa dipulangkan.


"Besok bisa dipastikan Ibu bisa pulang. Rapat terakhir dokter, sudah disampaikan kalau besok diputuskan ibu sudah bisa pulang. Alhamdulilah sudah sehat," kata Fikser, Selasa (2/6/2019).

Baca juga: Ini Progres Pembangunan Alun-alun Surabaya yang Terus Ditanyakan Risma

Karena Risma sudah bisa pulang, ucap Fikser, saat ini Presiden UCLG-Aspac itu dilakukan pemeriksaan dan rehab medik seperti melatih berjalan, naik tangga secara perlahan, dan melakukan gerakan-gerakan kecil.

Sebab, selama sepekan dirawat di rumah sakit, Risma istirahat total. Karena itu, sebelum dipulangkan otot-otot pada tubuhnya harus dipulihkan hingga bisa berfungsi dengan normal kembali.

"Dokter bilang semua sudah baik. Hari ini tinggal rehab medic yang dilakukan, tadi pagi, nanti siang, dan sore hari," ujar dia.

Fikser menambahkan, Risma kemungkinan bisa pulang pada Rabu (3/6/2019) siang setelah tim dokter melakukan pemeriksaan ulang.

Baca juga: Meski Sakit, Risma Sempat Tanyakan Progres Alun-alun Surabaya

Sebelumnya diberitakan, kesehatan Risma sempat menurun dan dilarikan ke RSUD Dr M Soewandhie pada Selasa (25/6/2019) pagi.

Malam harinya, Risma kemudian dipindahkan ke RSUD Dr Soetomo untuk mendapat perawatan intensif di ruang ICU.

Sepekan berada di ruang ICU, kondisi Risma membaik dan kini telah dipindahkan ke ruang rawat inap di gedung Graha Amerta.

Dari hasil diagnosis dokter yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita, Risma mengalami sesak napas atau asma, maag akut serta kelelahan.

Baca juga: Dokter Perkirakan Risma Boleh Pulang Satu atau Dua Hari ke Depan



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X