Fakta Kebakaran Pasar Manis Ciamis, Hidran Macet, Pedagang Merugi

Kompas.com - 26/06/2019, 11:01 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (kanan) berbincang dengan sejumlah kepala dinas terkait penanganan pascakebakaran pasar di Pasar Manis Ciamis, Rabu pagi (26/6/2019). KOMPAS.com/CANDRA NUGRAHABupati Ciamis Herdiat Sunarya (kanan) berbincang dengan sejumlah kepala dinas terkait penanganan pascakebakaran pasar di Pasar Manis Ciamis, Rabu pagi (26/6/2019).


CIAMIS, KOMPAS.com - Kebakaran melanda Blok B Pasar Manis Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (25/6/2019).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis menyatakan, 5 kios habis terbakar dan 8 kios mengalami rusak sedang dalam kebakaran ini. Selain itu, dua pedagang syok karena barang dagangannya ludes terbakar.

Kasat Reskrim Polres Ciamis, Ajun Komisaris Hendra Virmanto menyatakan, sumber api diduga berasal dari korsleting listrik di kios tempat pencucian emas atau perak.

Api dengan cepat merambat ke kios lainnya yang kebetulan menjual kain. "Api merambat ke kios lain," kata Hendra.

Baca juga: Api dari Toko Pencucian Emas Hanguskan 10 Kios di Pasar Ciamis

Hasil olah tempat kejadian perkara, lanjut Hendra, ruko yang terbakar menyambung listrik secara pararel dari kios tempat pencucian emas atau perak tersebut.

Penyambungan dengan menggunakan terminal listrik yang terpasang di lampu yang ada di plavon depan kios. "Kami masih menyelidikinya (peristiwa kebakaran pasar)," ujar dia.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Ciamis, Suhendar menuturkan, di kios pencucian emas dan perak terdapat sejumlah bahan kimia untuk keperluan pencucian emas maupun perak.

"Banyak bahan kimia jadi api cepat membesar dan langsung ke atas," ujar dia.

Hidran macet

BPBD Kabupaten Ciamis menyatakan, kendala yang dihadapi di lapangan yakni macetnya hidran di Pasar Manis. Petugas bahkan harus mengambil air dari hidran milik Yogya Depstore dan PDAM Ciamis.

Komandan regu Satpam Pasar Ciamis, Opin Aripin mengatakan, saat kejadian hanya ada satu hidran yang berfungsi. "Hidrannya ada, tapi yang berfungsi cuma satu. Membukanya harus pakai kunci," ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X