Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Minus 2 Derajat Celsius, Ratusan Wisatawan Dieng Berburu Embun Es

Kompas.com - 23/06/2019, 12:00 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Kemunculan embun es di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menarik minat wisatawan untuk berburu fenomena langka tersebut.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, Minggu (23/6/2019) pagi embun es kembali muncul di kompleks Candi Arjuna, tepatnya di lapangan sebelah timur candi.

"Pagi ini suhu di sekitar Candi minus 2 derajat celsius. Kebetulan wisatawan sudah tahu (kemunculan fenomena tersebut), tadi pagi sudah banyak yang datang," kata Aryadi saat dihubungi, Minggu (23/6/2019).

Aryadi mengatakan kendaraan roda empat dan roda dua yang membawa ratusan wisatawan telah memadati area parkir sejak pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Suhu Minus 5 Derajat Celsius, Embun di Dieng Kembali Membeku

 

Mereka sengaja datang untuk melihat dan mengabadikan embun yang membeku.

"Tadi pukul 06.00 parkiran sudah penuh, kendaraan sudah terparkir. Saya datang wisatawan sudah melihat-lihat, foto-foto. Wisatawan yang datang berasal dari berbagai kota, antara lain Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta," kata Aryadi.

Aryadi mengatakan sejak beberapa hari terakhir, suhu udara di Dieng sangat dingin. Bahkan, Sabtu (22/6/2019) pagi lalu suhu udara terpantau mencapai minus 5 derajat celsius.

Suhu udara tersebut, kara Aryadi, disebut yang terendah pada tahun ini. Tahun lalu, suhu udara terendah di Dieng mencapai minus 7 derajat celsius.

Baca juga: Suhu Capai Minus Derajat, Ini Tips untuk Wisatawan yang Akan ke Dieng

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com