Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Desa di Bima Kekeringan, Polisi Kirim Pasokan Air Bersih ke Wilayah Terdampak

Kompas.com - 21/06/2019, 12:40 WIB
Syarifudin,
Rachmawati

Tim Redaksi

BIMA, KOMPAS.com- Kekeringan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebabkan warga di tiga desa kesulitan air bersih.

Tiga desa tersebut yakni Desa Belo, Kecamatan Belo, Desa Kalampa, Kecamatan Woha dan Desa Bajo, Kecamatan Soromandi.

Warga tiga desa tersebut terpaksa mengambil air di desa tetangga, karena sumur sumber mata air di pegunungan sudah menyusut sejak satu bulan terakhir saat memasuki musim kemarau.

Baca juga: Musim Kemarau Lebih Cepat, 400 Hektar Sawah di Gunungkidul Kekeringan

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, Polres Bima menyalurkan air ke Desa Kalampa, Kecamatan Woh yang mengalami kekeringan pada Jumat (21/6/2019)

Di desa itu, petugas mengirim air bersih menggunakan mobil tangki berisi 5.000 liter. Begitu tiba, warga berdatangan dan antre dengan membawa jeriken.

Kepala Sub Humas Polres Bima, Iptu Hanafi mengatakan pengiriman air bersih tersebut adalah bentuk kepedulian aparat kepada masyarakat yang mengalami kekeringan.

"Kegiatan pendistribusian air bersih ini bukan hanya menyambut Hari Bhayangkara saja, tetapi tetap berlanjut selama masyarakat masih mengalami kekurangan air bersih," kata Iptu Hanafi.

Baca juga: Ratusan Hektar Sawah di Wilayah Penyangga Bandara Kertajati Kekeringan

Selain Desa Kalampa, pendistribusian air bersih yang dilakukan Polres Bima juga akan dilakukan di daerah lain sehingga bisa meringankan beban warga.

"Kita akan lakukan secara terus menerus dengan cara bergantian antara desa satu ke desa lainnya. Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat apabila di wilayahnya mengalami kekurangan air bersih agar menghubungi anggota Bhabinkamtibmas yang kemudian akan menyampaikan ke Polres Bima," tutur Hanafi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com