Bacakan Pembelaan, Artis VA Minta Dibebaskan

Kompas.com - 20/06/2019, 21:37 WIB
Artis VA berjilbab saat hadir di PN Surabaya, Selasa (14/5/2019) KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALArtis VA berjilbab saat hadir di PN Surabaya, Selasa (14/5/2019)

SURABAYA, KOMPAS.com - Terdakwa penyebaran konten asusila, artis VA, meminta mejelis hakim membebaskan dirinya dari segala tuntutan jaksa dalam perkara pelanggaran pasal ITE.

VA juga minta semua barang pribadinya seperti ponsel, uang, dan buku tabungan dikembalikan.

Demikian inti isi pembelaan atau pleidoi atas tuntutan jaksa yang dibacakan VA dalam sidang tertutup di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (20/6/2019).

"Klien kami minta bebas dari segala tuntutan dan semua barang-barangnya saat menjalani proses hukum dikembalikan," ujar kuasa hukum VA, Milano Lubis, saat dihubungi, Kamis malam.


Baca juga: Artis VA Dituntut 6 Bulan Penjara

Dalam pledoi, VA juga menjelaskan bahwa  pelanggaran pasal 27 ayat 1 tentang mentransmisikan konten asusila tidak bisa dipidana karena bersifat chating pribadi.

"Bukan untuk konsumsi umum, jadi ini masuk ranah privat. Ranah privat apa bisa dipidana, ini yang perlu dikaji ulang," jelas Milano.

VA sebelumnya dituntut enam bulan penjara oleh jaksa penuntut umum. Dalam kasus ini, VA didakwa telah mentransmisikan dan mendistribusikan konten asusila pada muncikari prostitusi online ES alias S.

Baca juga: Fajar, Nama Lain Pria Pemesan Artis VA

VA dijerat dengan Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Jo Pasal 45 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X