Cerita Idul Fitri dari Sikka, Kala Umat Shalat Id di Depan Gereja

Kompas.com - 05/06/2019, 09:50 WIB
Ribuan umat muslim menunaikan shalat Id di depan Gereja GMIT Kalvari Kota Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur, Rabu (5/6/2019). KOMPAS.com/NANSIANUS TARISRibuan umat muslim menunaikan shalat Id di depan Gereja GMIT Kalvari Kota Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur, Rabu (5/6/2019).

MAUMERE, KOMPAS.com - Ribuan umat Muslim di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, menunaikan shalat Idul Fitri di depan gereja GMIT Kalvari Maumere, Rabu (5/6/2019) pagi.

Pantauan Kompas.com, ribuan umat muslim, anak-anak hingga orang dewasa, mulai mendatangi lapangan Kota Baru kota Maumere pada pukul 05.30 Wita.

Baca juga: Pesan Idul Fitri, Stop Sebutan Kecebong dan Kampret

Mereka menunaikan shalat Id beralaskan koran dan sajadah. Shalat dipimpin Haji Adnan sebagai imam dan Ustaz Hainun Rasyid sebagai khatib.

Dalam ceramahnya, Ustaz Hainun mengatakan, umat Muslim di Sikka diminta agar melakukan kebaikan dan menjauhkan segala bentuk kemungkaran.

"Al-Quran telah menjadikan amal mahruf nahi mungkar yaitu menyuruh manusia berbuat baik dan mencegah perbuatan jahat sebagai identitas generasi terbaik di dunia," katanya.

Baca juga: Potret Toleransi dari Timika, Anak Muda Katolik Kristen, Hindu, Budha Jaga Shalat Id

Sementara itu, seusai shalat Id, Bupati Sikka Roberto Diogo meminta agar semangat Ramadhan dipertahankan sepanjang tahun, yakni menahan godaan untuk tidak berbuat jahat atau buruk.

Warga diminta memperbanyak berbuat kebajikan bagi sesama. Dia mengaku senang dengan tema yang diusung dalam perayaan Idul Fitri tahun ini di Sikka, yaitu "Dengan Semangat Idul Fitri 1440 Hijriah, Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa untuk Memperkokoh Rasa Persaudaraan Antar Sesama Umat di Kabupaten Sikka".

"Saya senang sekali tema ini. Karena dalam ajaran Islam, ada tiga macam ukhuwah atau persaudaraan yaitu ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan umat Islam, ukhuwah Wathaniyah atau persaudaraan antar warga bangsa, dan ukhuwah Basyariah atau persaudaraan antar umat manusia," ungkap Roberto.

"Berdasarkan ini, saya mengajak kita semua sama-sama membangun Sikka tercinta," tambahnya. 

Baca juga: Pengalaman Pertama Shalat Id di Lokasi Syuting AADC? 2, Diingatkan untuk Bersatu

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X