Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, Diprediksi Puncak Arus Mudik Lebaran di Wilayah Solo

Kompas.com - 01/06/2019, 10:26 WIB
Labib Zamani,
Rachmawati

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Arus lalu lintas kendaraan mudik Lebaran 2019 pada H-5 atau Jumat (31/5/2019) di Solo, Jawa Tengah mengalami peningkatan dibandingkan H-6 lebaran.

Dari data traffic counting Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, jumlah kendaraan masuk pada H-5 mencapai 201.538 kendaraan.

Sedangkan, untuk kendaraan keluar Solo ada 192.843 kendaraan. Sehingga jumlah total kendaraan masuk dan keluar Solo mencapai 394.381 kendaraan.

Baca juga: 7 Fakta KA Lodaya Solo-Bandung Anjlok, akibat Badan Rel Turun hingga Penumpang Tertidur di Lorong Kereta

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Surakarta, Ari Wibowo mengatakan jumlah kendaraan arus mudik masuk Solo terus mengalami peningkatan. Pada H-5 Lebaran jumlah kendaraan masuk naik 3 persen dibandingkan satu hari sebelumnya.

"Dibanding hari sebelumnya naik 3 persen. Tapi dibandingkan periode yang sama tahun lalu menurun 2,4 persen," kata Ari dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (1/6/2019).

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan jumlah kendaraan tersebut. Pertama karena Tol Solo-Ngawi banyak dimanfaatkan masyarakat tanpa harus banyak berhenti untuk istirahat,

Faktor yang lain adalah, karena waktu libur yang cukup panjang sebelum lebaran, sehingga masyarakat lebih banyak pilihan waktu untuk menentujan perjalanan mudik.

"Ketiga masih ada yang belum mudik seperti yang masih harus upacara Hari Lahir Pancasila di tempat kerja di Jakarta," kata dia.

Baca juga: H-6 Lebaran, 194.819 Unit Kendaraan Masuk Solo

Pihaknya memperkirakan Sabtu malam atau H-4 lebaran hingga Minggu (2/6/2019) menjadi puncak arus mudik Lebaran di Solo, karena awal pekan depan sudah mulai libur lebaran dan cuti bersama.

"Prediksinya nanti malam sampai besok (Minggu) menjadi puncak arus mudik Lebaran," ungkapnya.

Sementara untuk memberikan pelayanan bagi pemudik, empat rest area didirikan di Solo. Masing-masing berada di Jalan Adi Sucipto, Jalan Ir Sutami (Jurug), Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Kolonel Sugiyono.

Baca juga: Mudik Gesit: H-3 Lebaran Puncak Arus Mudik di Solo

Pemudik yang melewati Solo dan merasa kelelahan, bisa memanfaatkan rest area tersebut untuk beristirahat.

Adapun fasilitas yang diberikan di rest area itu mulai dari tempat tidur, makanan dan minuman, layanan kesehatan, bengkel hingga petugas jaga selama 24 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com