Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gesit: H-3 Lebaran Puncak Arus Mudik di Solo

Kompas.com - 30/05/2019, 13:52 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2019 di Solo, Jawa Tengah akan jatuh pada H-3 atau Minggu (2/6/2019).

"Prediksi puncak arus mudik terjadi tanggal 2 Juni 2019. Karena tanggal 1 Juni itu masih masuk ada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila," kata Kadishub Kota Surakarta Hari Prihatno di Solo, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019).

Namun demikian, menurut Hari, puncak arus mudik tersebut bisa saja tak sesuai prediksi. Pasalnya, Lebaran tahun 2019 ini hampir sama seperti tahun lalu, libur Lebaran terlalu lama.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Via Cianjur Diprediksi Mulai H-5

Sehingga, sambung Hari, dengan libur yang terlalu panjang tersebut bisa memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk menentukan pilihan hari mudik.

"Mungkin (H-3) nanti masih kelihatan lengang. Karena libur panjang terlalu lama ini," ujar mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surakarta.

Dikatakannya, pada mudik Lebaran tahun ini, jumlah kendaraan yang masuk Solo diperkirakan mencapai 7 juta kendaraan atau meningkat 4,2 persen dari tahun lalu hanya sekitar 6,7 juta kendaraan.

Baca juga: Pengusaha Warkop, Mi, dan Burjo Ikut Mudik Gratis dari Indomie

Hari mengatakan, telah menyiapkan 4 rest area atau tempat istirahat bagi pemudik saat melewati Solo. Antara lain di Jalan Kolonel Sugiyono, Jalan Adi Sucipto, Jalan Ir Sutami dan Jalan Yos Sudarso.

Rest area ini dilengkapi air bersih, makanan dan minuman, musala, layanan kesehatan, hand lamp, bengkel, tempat tidur, telepon gratis, petugas 24 jam, dan info atau peta mudik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com