Ini Fasilitas yang Tersedia di Terminal Tipe A Padang

Kompas.com - 29/05/2019, 19:07 WIB
Wali Kota Padang, Mahyeldi Kompas.com/PERDANA PUTRAWali Kota Padang, Mahyeldi

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang berencana membangun terminal tipe A di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan, terminal ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti tempat uji kendaraan atau KIR serta kawasan komersial.

"Terminal yang akan dibangun ini bertipe A yang dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti tempat KIR, kawasan komersial seperti restoran, toko dan lainnya," kata Mahyeldi kepada Kompas.com, di Balai Kota Padang, Rabu (29/5/2019).

Baca juga: Akhirnya Setelah Bertahun-tahun Padang Akan Miliki Terminal Bus


Terminal yang dibangun itu, kata Mahyeldi akan mampu melayani 500 unit angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan 150 angkutan kota antar provinsi (AKAP) yang melayani Padang menuju Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, dan sebaliknya.

Menurut Mahyeldi kebutuhan akan terminal bertipe A di Padang sudah cukup mendesak. Hal itu dikarenakan adanya peningkatan jumlah penumpang bus dalam beberapa bulan terakhir akibat imbas tingginya harga tiket pesawat.

Terminal tipe A akan dibangun di Anak Aia, Kecamatan Koto Tangah yang sudah dimulai tahun 2018 lalu. Pembangunan itu berasal dari bantuan Kementerian Perhubungan RI.

"Kita akan segerakan pembebasan tanahnya. Kita sudah menyediakan sekitar 5 hektar lahan di Anak Aia dan ditargetkan tahun ini seluruh pembebasan tanahnya selesai," ujarnya.

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Mudik Pakai Bus ke Padang Kembali Diminati

Mahyeldi mengatakan, sambil berjalan juga dilakukan pembangunan fisik terminal tersebut.

"Pembangunan fisiknya sudah dicanangkan pada 2018 lalu dan kita berharap 2020 nanti sudah selesai," ujarnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X