Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Penambang Emas Ilegal Tertimbun Longsor di Bogor, Dua Tewas

Kompas.com - 14/05/2019, 05:57 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Sejumlah penambang emas ilegal alias gurandil tertimbun longsor di wilayah pertambangan emas PT Aneka Tambang (Antam), Gunung Pongkor, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Tanah longsor terjadi pada Minggu (12/5/2019) malam, diduga karena struktur tanah yang labil ditambah guyuran hujan deras disertai petir menerpa kawasan tersebut.

Tanah longsor setinggi 110 meter dan lebar 70 meter itu bercampur bebatuan jatuh menimpa saung tempat gurandil beristirahat.

Baca juga: Usai Dipenjara 5 Bulan, 1 Warga Jepang Penambang Emas Ilegal di Nabire Dideportasi

Setidaknya ada delapan penambang ilegal yang tertimpa longsor. Dua dinyatakan tewas sedangkan enam lainnya selamat.

Kepala Kepolisian Sektor Nanggung Ajun Komisaris Asep Saefudin mengatakan, pada saat kejadian korban sedang melakukan kegiatannya di lokasi tersebut.

Usai dilakukan pencarian, Asep memastikan bahwa korban longsor merupakan penduduk sekitar yang juga berprofesi sebagai penambang emas ilegal.

Baca juga: Dua Penambang Emas Ilegal Tewas Tertimbun Longsor

"Iya ada delapan, dua meninggal enam selamat, rata-rata warga Bogor," katanya saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (13/5/2019) malam.

Dua korban tewas yaitu Yudi (30) dan Habib (49) dan yang selamat DD (25), DK (18), ND (45), IW (40), P (35) dan PL (25).

Polres Bogor bersama dengan Koramil dan dibantu oleh masyarakat sekitar sempat menghentikan pencarian korban karena lokasi longsor sangat curam berada di lereng kaki gunung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com