Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Siswa Tersengat Tawon Vespa Affinis, Satpol PP dan Damkar Kediri Turun Tangan

Kompas.com - 30/04/2019, 20:54 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Beberapa personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri, Jawa Timur, beserta petugas pemadam kebakaran turun lapangan untuk mengatasi serangan lebah predator atau tawon Vespa Affinis, Selasa (29/4/2019), sore.

Itu menyusul adanya laporan 5 orang siswa sekolah MI atau setingkat sekolah dasar di Jl.Mayor Bismo Kota Kediri, yang mengalami luka akibat sengatan lebah jenis Vespa Affinis itu.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol.PP Kota Kediri Nur Khamid mengatakan, petugas yang menerima laporan tersebut langsung menuju lokasi untuk mencari sarang lebahnya.

"Petugas patroli awalnya menerima laporan dari masyarakat," ujar Nur Khamid melalui sambungan telepon, Selasa (30/4/2019) malam.

Baca juga: Kisah Irwan, Petugas Damkar Klaten yang 80 Kali Disengat Tawon Ndas

Sarang lebah non-madu itu ditemukan berada di belakang rumah warga yang berdekatan dengan komplek sekolah. Posisinya menggantung di atap rumah.

Karena minimnya alat sehingga tidak memungkinkan penanganan langsung, petugas kemudian menghubungi unit pemadam kebakaran.

Petugas dari damkar itu kemudian turun tangan mengatasinya. Dengan berpakaian mantel khas pemadaman, petugas menyemprotkan busa ke sarang tawon lalu membungkusnya dengan kantong untuk diturunkan.

Dengan semprotan itu pula petugas menghalau kawanan tawon yang mungkin marah karena sarangnya diambil.

Baca juga: Segera Lapor jika Temukan Sarang Tawon Vespa yang Sengatannya Mematikan

"Untung tidak ada petugas yang tersengat," ujar Nur Khamid.

Nur Khamid menambahkan, dalam laporan yang diterima dari sekolah itu, ada 5 siswa yang tersengat tawon. Bahkan para siswa itu sempat dilarikan ke rumah sakit karenanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com