Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Melanda Luwu, Bupati Minta Dirikan Posko Siaga

Kompas.com - 29/04/2019, 18:30 WIB
Amran Amir,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LUWU, KOMPAS.comBupati Kabupaten Luwu Basmin Mattayang meninjau sejumlah desa yang dilanda banjir di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Basmin saat meninjau desa yang dilanda banjir di 4 kecamatan mengatakan, masyarakat harus waspada bahaya banjir karena musim hujan kini sedang terjadi.

Selain itu, penanganan banjir akan segera dilakukan dan mendirikan posko siaga bencana.

Baca juga: Rel di Pasuruan Terendam Banjir, Perjalanan KA Relasi Malang-Banyuwangi Dibatalkan

“Kami mengimbau kepada masyarakat terutama camat, kepala desa dan lurah supaya mendirikan posko siaga 24 jam dalam rangka menghadapi rawan bencana,” kata Basmin, saat ditemui di lokasi banjr, Senin (29/4/2019).

Hingga saat ini, lanjut dia, warga tidak ada yang mengungsi dan masih bertahan dalam rumah.

Pemerintah setempat sedang menyiapkan anggaran dan deteksi dini dalam menangani banjir ini.

“Pemerintah Kabupaten Luwu telah menyiapkan anggaran penanganan banjir serta deteksi dini, untuk korban banjir pemerintah akan menurunkan bantuan,” ucap dia.

Baca juga: Sekolah Direndam Banjir, Siswa di Luwu Diliburkan

Plt Kepala BPBD Luwu, Lukman mengatakan, banjir terjadi pada Senin dini hari di tiga kecamatan yakni di 13 desa di Kecamatan Suli, 4 titik di Kecamatan Larompong, 3 desa du Kecamatan Lamasi Timur dan 1 desa di Walenrang Timur.

“Curah hujan tinggi yang terjadi sejak beberapa hari ini membuat air meluap sehingga mengakibatkan persawahan, tambak, sekolah, jembatan terputus dan ratusan rumah warga terdampak banjir sehingga masyarakat dan anak sekolah tidak bisa beraktivitas di Kecamatan Suli, Kecamatan Larompong, Kecamatan Lamasi Timur dan Kecamatan Walenrang Timur,” ujar Lukman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com