Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Petugas Pemilu 2019 di Pati Gugur, Belasan Sakit dan 1 Keguguran

Kompas.com - 26/04/2019, 19:11 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PATI, KOMPAS.com - Dua petugas pemilu 2019 di Kabupaten Pati, Jawa Tengah dilaporkan meninggal dunia. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mencatat jika dua petugas pemilu 2019 di wilayahnya yang meninggal dunia itu sebelumnya sempat jatuh sakit.

Keduanya yakni Sunoto, anggota Satlinmas yang bertugas di TPS 12 Desa Langgenharjo, Kecamatan Juwana, Pati dan Sumiati anggota KPPS asal Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo, Pati.

"Keduanya meninggal dunia Kamis (25/4/2019) kemarin dan sudah dimakamkan," ujar komisioner KPU Pati Haryono, saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Jumat (26/4/2019).

Menurutnya, Sunoto sebelumnya sempat mengeluh kecapaian, sakit kepala, dan sesak napas usai melaksanakan tugas pengamanan di TPS.

Baca juga: KPU Surakarta Usulkan Petugas KPPS Meninggal dan Sakit Dapat Santunan

Sementara itu Sumiati sempat dirawat di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus karena setelah pemungutan dan penghitungan suara kondisi kesehatannya menurun. 

Haryono menyampaikan, pihaknya memberi perhatian khusus kepada petugas penyelenggara Pemilu 2019 di tingkat PPK, PPS, hingga KPPS yang mengalami beban berat usai pelaksanaan pesta demokrasi.

Hanya saja, pihaknya tidak dapat memastikan besaran santunan yang diberikan kepada petugas pemilu 2019 yang mengalami sakit atau meninggal dunia.

"Petugas pemilu 2019 yang sakit atau meninggal dunia terus didata dan disampaikan ke KPU Provinsi Jateng," katanya.

Baca juga: Di Jateng, Petugas Pemilu yang Meninggal Dapat Santunan Rp 10 Juta

Menurutnya, sejauh ini tidak ada asuransi bagi petugas PPK, PPS, dan, KPPS. Karenanya, komisioner KPU se-Indonesia mengambil langkah "patungan" untuk memberikan santunan. 

Keguguran

Sebelumnya, KPU Pati melaporkan bahwa belasan petugas pemilu 2019 jatuh sakit. Bahkan, seorang diantaranya mengalami keguguran kandungan, yakni Ketua KPPS TPS 4 Karaban, Kecamatan Gabus, Pati, Indah Warwati. 

"Selain itu, seorang operator sistem informasi penghitungan suara juga pingsan saat bertugas," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com