Jokowi-Ma'ruf Unggul di TPS Pemungutan Suara Ulang Gresik

Kompas.com - 24/04/2019, 16:32 WIB
Suasana pemungutan suara ulang di TPS 10 Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Rabu (24/4/2019).KOMPAS.com / HAMZAH Suasana pemungutan suara ulang di TPS 10 Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Rabu (24/4/2019).

GRESIK, KOMPAS.com - Satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Gresik, Jawa Timur, melakukan Pemungutan Suara Ulang ( PSU). Tepatnya TPS 10 Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Hanya PSU Presiden dan Wakil Presiden saja yang dilakukan, karena pada pemungutan Rabu (17/4/2019) lalu, terdapat tujuh orang yang tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) ikut mencoblos dengan hanya berbekal KTP elektronik.

Dalam PSU yang dilakukan pada Rabu (24/4/2019), diikuti sebanyak 195 pemilih dari 267 warga yang masuk dalam DPT.


Baca juga: Real Count KPU di Sumatera Utara Data 34,97 Persen: Jokowi 56,02 Persen, Prabowo 43,98 Persen

 

Jumlah ini mengalami penurunan dari sebelumnya, karena pada saat pencoblosan 17 April 2019 lalu, jumlah pemilih yang ikut berpartisipasi mencapai 239 orang.

Hasil PSU, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul atas pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Ma'ruf memperoleh 125 suara, sementara Prabowo-Sandiaga mendapatkan 70 suara.

"Tidak ada surat suara yang tidak sah, semuanya sah sebanyak 195 suara. Dengan hasil perhitungan, pasangan nomor urut 01 dapat 125, pasangan nomor urut 02 dapat 70 suara," ujar Ketua KPPS TPS 10 Dahanrejo, Khoirul Anam, usai proses pemungutan suara ulang, Rabu.

Baca juga: Situng KPU Sementara di Jakarta: Jokowi-Maruf Unggul di 4 Wilayah, Prabowo-Sandiaga di 2 Wilayah

Selama proses pemungutan suara tersebut, aparat kepolisian tampak berjaga dengan bersenjata lengkap.

Begitu juga dari unsur penyelenggara pemilu, baik dari KPU Gresik, maupun Bawaslu Gresik.

Panitia juga memberikan hadiah kepada setiap pemilih yang datang menyalurkan suara ulang berupa gula seberat 1 kilogram.

"Kemarin tanggal 17, yang unggul juga pasangan 01 dengan perolehan 145 suara. Sementara pasangan 02 mendapatkan 91 suara, dengan surat suara tidak sah ada 3," ucap dia.

Baca juga: KPU Gresik Sebut 10.477 Surat Suara Rusak

Salah seorang pemilih Slamet Wahyudi, yang berprofesi sebagai petugas keamanan di salah satu perusahaan yang ada di Gresik kota mengaku, mendapat pemberitahuan dilakukan PSU di TPS 10 Dahanrejo, dari perangkat desa setempat melalui sang istri.

"Sudah menjadi kewajiban bagi warga negara yang baik, bila ada coblosan ulang ya kita lakukan (datang kembali). Ini tadi minta izin kantor, kebetulan kan sebentar lagi jam istirahat, kalau istri sudah duluan tadi pagi," kata Slamet Wahyudi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X