Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Rembesan Hujan, 13 Kotak Suara di Bombana Sultra Rusak

Kompas.com - 16/04/2019, 18:14 WIB
Kiki Andi Pati,
Khairina

Tim Redaksi


KENDARI, KOMPAS.com - Sebanyak 13 kotak suara di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) rusak akibat rembesan air hujan.

Kotak suara itu diduga terkena rembesan air hujan saat akan dipindahkan dari kapal ke mobil truk.

Ke-13 kotak suara yang mengalami kerusakan itu ditemukan di lima kecamatan di Kabupaten Bombana. 

Ketua KPU Bombana Aminudin membenarkan kerusakan logistik pemilu tersebut.

"Iya benar, mobil truknya itu dilapisi terpal saat akan dipindahkan dari kapal tepatnya di Pelabuhan Sikeli. Hujan turun deras saat masuk waktu magrib, kemungkinan ada plastiknya yang bocor, jadi kena rembesan air sehingga rusak kotaknya," terangnya saat dihubungi via telepon, Selasa (16/4/2019).

Baca juga: Jaga Kotak Suara, PDIP Surabaya Minta Kadernya Tidur di Kantor Kelurahan dan Kecamatan

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib juga membenarkan hal itu. Menurutnya, 13 kotak suara itu terdapat di lima kecamatan di kabupaten Bombana.

Dia mengatakan, kondisi cuaca menjadi hambatan dalam pendistribusian logistik pemilu di Kabupaten Bombana sehingga mengakibatkan kotak suara rusak

"Di Bombana ada 13 kotak suara yang didistribusikan ke Kabaena dengan melewati laut sempat terpapar air laut, dan beberapa diantaranya dalam keadaan basah,” ujarnya.

Baca juga: 95 Kotak Suara di Kubu Raya Dikirim Lewat Jalur Sungai

Kotak suara yang rusak itu berada di lima kecamatan yakni Kecamatan Kabaena satu kotak suara, Kecamatan Kabaena Selatan lima kotak suara, Kecamatan Kabaena Timur tiga kotak suara, Kecamatan Poleang Utara dua kotak suara dan kecamatan Masaloka Raya dua kotak suara.

Atas kerusakan 13 Kotak suara itu, KPU Sultra segera berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk proses pergantiannya. Saat ini, kotak suara pengganti sudah sampai.

“Kami sudah koordinasikan ke Bawaslu proses sudah diganti berdasarkan rekomendasi Bawaslu. Dikawal langsung oleh Komisioner, Nato Al Haq, semua sudah diganti, dan sudah sampai semuanya di tujuan,” tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com