Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Buton Selatan Prioritaskan Kirim Logistik Pemilu ke Pulau Terluar untuk Antisipasi Keterlambatan

Kompas.com - 15/04/2019, 12:20 WIB
Defriatno Neke,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BUTON SELATAN, KOMPAS.com – KPU Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, mulai mengirim logistik pemilu untuk daerah kepulauan, Senin (15/4/2019) siang.

Logistik tersebut dikirim ke pulau terluar yakni pulau Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan, dengan menggunakan kapal laut melalui pelabuhan rakyat, Kota Baubau.

“Untuk logistik pergeseran ini kami mulai mengutamakan dulu daerah kepulauan terluar, yakni di Pulau Batu Atas. Memang Batu Atas diutamakan dahulu, kami meminimalisirkan keterlambatan dan lainnya,” kata Ketua KPU Buton Selatan, Ari Ashari Apriadi, di gudang KPU, Senin.

Baca juga: Ribuan Surat Suara di Buton Selatan Ditemukan Rusak

Menurut Ari, logistik KPU disimpan di dalam lambung kapal yang ditutup dengan terpal untuk menghindari kerusakan akibat terkena air.

“Agar tidak terjadi yang diinginkan, menghindari sesuatu melihat kondisi cuaca, maka untuk lebih efektif mengamankan kotak suara, kami lakukan pembungkusan plastik. Demikian juga di kapal ditutup dengan terpal,” ujar dia.

Ari menambahkan, pengiriman logistik KPU mendapat pengawalan yang ketat dari kepolisian dan juga panwaslu.

Perjalanan melalui kapal laut menuju pulau Batu Atas, memakan waktu sekitar 6 jam. Diperkirakan, logistik tersebut akan tiba pada sore hari.

Baca juga: Bau Busuk Tumpahan Minyak Sawit di Buton Selatan Sebabkan Warga Pusing dan Mual

“Setelah di sana, logistik ini akan langsung di sebar kesuluruh TPS yang telah disiapkan,” ucap Ari.

Pengiriman logistik hari ini tidak saja didistribusikan ke Pulau Batu Atas saja. KPU Buton Selatan juga mengirimkan logistik kedaerah pulau sekitar seperti Pulau Kadatua dan Pulau Siompu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com