Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logistik Pemilu di Mimika Mulai Didistribusikan ke Pegunungan dan Pesisir Pantai

Kompas.com - 14/04/2019, 19:34 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Khairina

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Papua mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 pada Minggu (14/4/2019).

Logistik pemilu yang mulai didistribusikan diprioritaskan pada wilayah pegunungan dan pesisir pantai.

KPU menargetkan, sehari sebelum pemungutan suara, seluruh logistik pemilu di kedua wilayah tersebut sudah selesai didistribusikan.

"Kami target H-1, distribusi logistik pemilu di wilayah pegunungan dan pesisir pantai sudah selesai semua," kata Komisioner KPU Mimika Divisi Umum Fidelis Piligame, ditemui di Gedung Eme Neme Yauware, Kota Timika, Minggu (14/4/2019) sore.

Baca juga: KPU Majene Kebut Distribusi Logistik Pemilu ke 6 Kecamatan Terjauh

Gedung Eme Neme Yauware di Jalan Budi Utomo merupakan tempat seluruh logistik pemilu disimpan. Hal ini dikarenakan gudang KPU Mimika di Jalan Hasanuddin tidak dapat menampung seluruh logistik pemilu.

Menurut Fidelis, seluruh kotak suara berisikan logistik pemilu yang akan didistribusikan ke wilayah pesisir pantai dikemas menggunakan plastik.

Ini dilakukan karena saat pendistribusian menggunakan kapal motor dari Pelabuhan Poumako, dan melewati jalur sungai dan laut.

"Dikemas dengan plastik supaya tidak kena air, karena kotak suara ini terbuat dari kardus," ujar Fidelis.

Baca juga: Logistik Pemilu Rusak Belum Tiba, NTT Masuk Zona Merah

Sebelumnya, pada Kamis (11/4/2019) KPU Mimika menyerahkan logistik Pemilu 2019 kepada PT Trans Mimika, selaku pemenang tender pendistribusian logistik pemilu.

Logistik pemilu diserahkan secara simbolis oleh Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola, kepada Direktris PT Trans Mimika Zusana Susi Herawati, di Gedung Eme Neme Yauaware yang merupakan tempat penyimpanan seluruh logistik pemilu.

Penyerahan logistik pemilu ini pun disaksikan Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, Ketua Bawaslu Mimika Yonas Janampa, perwakilan pemerintah daerah, dan perwira TNI.

Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola mengatakan, 4.555 kotak suara yang diserahkan kepada PT Trans Mimika berisi seluruh perlengkapan pemilu untuk 911 Tempat Pemungutan Suara (TPS), mulai surat suara hingga formulir berita acara.

"Jadi, 4.555 kotak suara yang berisikan perlengkapan pemilu itu akan disebar ke 911 TPS, sehingga tiap TPS ada 5 kotak suara, " kata Indra kepada wartawan.

PT Trans Mimika telah memastikan bahwa seluruh logistik pemilu dapat tersalurkan tepat waktu, sebelum hari pencoblosan pada Rabu 17 April, pukul 07.00 WIT, termasuk mengembalikan semua logistik pemilu pascapencoblosan ke pihak KPU.

"Kami siap untuk mengirim logistik Pemilu ke TPS hingga kembali lagi ke sini," kata perwakilan PT Trans Mimika Otis Letiora.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com