Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya Ibu di Kediri Bayar Tagihan "Game Online" Anak Rp 11 Juta

Kompas.com - 10/04/2019, 13:34 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Ririn Ike Wulandari (37), seorang ibu di Kediri, Jawa Timur yang mendapat tagihan pembayaran game online anaknya hingga lebih dari Rp 11 juta, sedang berupaya menyelesaikan perkaranya itu.

Itu diungkapkannya melalui akun Facebook dengan nama Ririn Ike Wulandari. Dia mengunggah beberapa artikel rentang waktu 5-10 April 2019.

Beberapa langkah yang diambilnya adalah menghubungi pengembang game hingga penyelesaian ke pihak provider.

Ririn mengaku sudah mendatangi pihak provider dan menjelaskannya. Saat itu provider menawarkan opsi pembayaran dengan cara dicicil selama enam bulan. Cicilan itu bisa dilakukan setelah membayar 50 persen dari tanggungan.

Baca berita sebelumnya: Cerita Ibu di Kediri Kaget Dapat Tagihan Game Online Rp 11 Juta

"Dicicil setelah bayar 50 persen," tulis Ririn dalam akun Facebook-nya itu.

Dia masih mempunyai kesempatan sebelum tenggang pembayaran tagihan pulsa pascabayar provider yang jatuh setiap tanggal 20.

Dari berbagai masukan yang disampaikan warganet, Ririn kemudian menghubungi pihak pengembang melalui saluran kontak pengembang yang ada pada masing-masing game online Minecraft, Free Fire, serta Mobile Legend.

Kepada pengembang itu dia tengah berupaya membatalkan pesanan-pesanan game online itu melalui history transaksi yang ada.

Hasilnya ada beberapa pesanan yang berhasil digagalkan. Hingga 6 April, jumlah pesanan yang bisa dicancel itu mencapai Rp 1.197.000.

Baca juga: Kronologi Ibu di Kediri yang Dapat Tagihan Game Online Rp 11 juta

Pada 10 April, ada beberapa transaksi lainnya yang juga berhasil digagalkan. Transaksi itu terjadi di akun game Minecraft dengan total tagihan Rp 789.000.

"Di game Minecraft ada dua transaksi yang ditagihkan, yaitu pembelian gane senilai Rp 99.000 dan 50 item lainnya senilai Rp 690.000," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Riirin kaget setelah mengetahui tagihan bulanan kartu pascabayarnya mencapai Rp 11 juta lebih.

Dari penelurusan, tagihan itu ternyata karena pembelian aksesoris dan fasilitas game online oleh anaknya, tanpa sepengetahunanya.

Ririn menceritakannya melalui akun Facebook dengan namanya, Ririn Ike Wulandari. Ririn yang dikonfirmasi juga sudah mengijinkan ceritanya dikuti pemberitaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com