Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Banjir di Kabupaten Bandung, Rendam 7 Kecamatan hingga Air Capai 2 Meter

Kompas.com - 09/04/2019, 12:04 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mencatat setidaknya 7 kecamatan tergenang banjir, pada Senin (8/4/2019).

Penyebab banjir adalah hujan dengan intensitas tinggi yang membuat Sungai Cikapundung dan Citarum meluap.

Ketinggian air di beberapa wilayah dengan elevasi terendah mencapai dua meter. Pemerintah diharapkan segera mempercepat pembangunan Terowongan Nanjung di Curug Jompong untuk mengantisipasi banjir.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung terendam banjir

Kondisi banjir di kawasan Kamasan Banjaran, Kabupaten Bandung, Senin (8/4/2019) dini hari. Dokumentasi BPBD Kabupaten Bandung Kondisi banjir di kawasan Kamasan Banjaran, Kabupaten Bandung, Senin (8/4/2019) dini hari.

Pada Senin (8/4/2019), ada tujuh kecamatan yang terendam banjir.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Bandung dan Kabupaten Bandung menyebabkan Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum meluap.

Luapan debit air di kedua sungai itulah yang kemudian merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Sudrajat melalui pesan singkat ke Kompas.com, Senin (8/4/2019).

"Iya, ada tujuh kecamatan (yang terendam banjir)," kata Sudrajat.

Tujuh kecamatan yang terendam banjir tersebut yakni Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Banjaran, Rancaekek, Cileunyi, dan Ciparay.

Baca Juga: Tujuh Kecamatan Terendam Banjir di Kabupaten Bandung

2. Ketinggian air mencapai 2 meter

Warga melintasi genangan banjir luapan sungai Citarum di Kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/4/2019). Banjir luapan Sungai Citarum tersebut merendam tiga kecamatan di kawasan Bandung Selatan yang berdampak sejumlah akses jalur provinsi dari Kota ke Bandung selatan tertutup dan ratusan warga kembali mengungsi.ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI Warga melintasi genangan banjir luapan sungai Citarum di Kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/4/2019). Banjir luapan Sungai Citarum tersebut merendam tiga kecamatan di kawasan Bandung Selatan yang berdampak sejumlah akses jalur provinsi dari Kota ke Bandung selatan tertutup dan ratusan warga kembali mengungsi.

Ketinggian air banjir di wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya bervariasi, antara 10 sentimeter-250 sentimeter.

Berdasar informasi, beberapa daerah yang tercatat memiliki ketinggian banjir di atas 200 sentimeter adalah RW 04, RW 14 Bojong Asih Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot, RW14 Babakan Lewi Bandung Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, dan Kampung Muara RW07, Kampung Cigosol RW 09, Kampung Ciputat RW 13, Kelurahan Andir Kecamatan Balendah.

Selain itu, beberapa jalur utama lumpuh karena terendam air, seperti Jalan Sapan menuju Gedebage yang memiliki ketinggian air mencapai 60 sentimeter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com