Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Janji Percepat Penataan Kawasan Bandung Utara

Kompas.com - 04/04/2019, 14:06 WIB
Dendi Ramdhani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjanji akan mempercepat proses perbaikan Kawasan Bandung Utara (KBU).

Upaya itu dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi bencana banjir musiman di wilayah Bandung Raya.

Pria yang akrab disapa Emil itu menekankan, persoalan KBU memang jadi atensinya sejak menjabat sebagai wali kota Bandung. Karenanya, tahun ini ia akan memulai merealisasikan sejumlah program untuk perbaikan KBU.

Baca juga: Tangkal Banjir Bandung, Ini Program yang Disiapkan Ridwan Kamil

"Intinya saya mantan wali kota Bandung yang jadi gubernur Jabar. Salah satu kekhawatiran saya dulu adalah masalah kontrol di utara. Nah, di utara ini kan multidaerah. Saya baru enam bulan, ini juga prioritas. Masih di 2019 Bandung Utara akan mengalami percepatan, hanya masalah timing saja," ujar Emil, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (4/4/2019).

Emil membantah soal tak efektifnya penerapan Perda Kawasan Bandung Utara. Sebab, hingga saat ini, perda itu masih digunakan khususnya memperketat izin mendirikan bangunan.

"Disebut tidak ada enggak juga, hanya mungkin media tidak memahami secara komprehensif saja. Bahwa pengetatan aturan rekomendasi izin kan sudah dilakukan, itu kan penterjemahan dari Perda KBU," ungkap dia.

Baca juga: Ridwan Kamil: Ada Delapan Pintu Membangun Jawa Barat

Meski begitu, ia akan kembali membedah perda tersebut untuk memastikan tak ada celah dalam penerapan aturan di KBU.

"Jadi, koordinasi itu ada hanya mungkin harus dibedah, mana yang sudah, mana yang belum. Kalau dikatakan belum (terimplementasi) enggak betul," kata dia.

Kompas TV Ini adalah sebuah video amatir saat banjir menerjang kawasan Sukup, Ujungberung, Kota Bandung. Warga secara bersama sama membantu mengevakuasi siswa yang sekolahnya terendam banjir. Semua siswa kemudian berhasil diselamatkan. Sementara video amatir berikut merupakan gambaran tembok sekolah yang jebol akibat banjir bandang. Air terlihat mengalir deras menggenangi sekolah. Tim Damkar dan Basarnas Kota Bandung juga memindahkan barang-barang sekolah yang diterjang banjir. Tim Basarnas juga berusaha menutup sementara bangunan yang jebol demi mencegah banjir susulan menerjang kawasan permukiman warga. #BanjirUjungberung #Bandung #TanggulJebol
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com