Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Paparkan Proyek Strategis di Jabar, Apa Saja?

Kompas.com - 02/04/2019, 14:41 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat memaparkan sejumlah proyek strategis di Jawa Barat yang akan mulai dieksekusi dan selesai pada 2020.

Hal itu dijelaskan Ridwan saat berbicara di hadapan para bupati dan wali kota dalam kegiatan Musrenbang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Selasa (2/4/2019).

"Di Musrenbang ini kita akan banyak hal. Pasangan kami memang paling konkret di tahun 2020 karena didesain penuh oleh kami sekarang," ungkap Emil, sapaan akrabnya.

Baca juga: Polda Jabar Akan Periksa Mantan Kapolsek Pasirwangi yang Mengaku Diminta Menangkan Jokowi

Ada sembilan proyek yang akan mengubah wajah Jawa Barat, yakni reaktivasi empar jalur kereta api, pembangunan Bandara Cikembar Sukabumi, Terminal Parung, Cikarang Bekasi Laut (CBL), Jalur Tambang Parung Panjang, Pelabuhan Patimban, Tol Bandung-Cilacap, dan tol Cisumdawu.

Emil menjelaskan, sektor pariwisata akan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di Jabar. Apalagi Jabar akan memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang punya titik tumpu pada industri pariwisata, seperti KEK Pangandaran dan KEK Cikidang.

Selain itu, Pemprov Jabar juga mengusulkan KEK lain, seperti KEK Jatigede, KEK Walini, KEK Patimban, dan KEK Kertajati.

Baca juga: Buka Toko di Bandung, Ridwan Kamil Minta Ikea Berdayakan Produk Jabar

"Visinya sudah jelas dari sisi ekonomi lokomotifnya pariwisata. Kalau ini terjadi, saya yakin pertumbuhan ekonomi yang sekarang 5,6 persen bisa jauh lebih cepat karena investasi datang membelanjakan modal dan menyerap lapangan kerja yang luar biasa," papar Emil.

Ia berharap seluruh rencana itu bisa berjalan lancar sambil mengikis persoalan dasar lainnya, seperti ketimpangan dan kemiskinan. Ia juga berpesan agar seluruh kepala daerah bisa kompak untuk mewujudkan rencana besar tersebut.

"Bahwa Jabar dengan konsep seperti ini insya Allah bisa jadi provinsi terbaik se-Indonesia, termasuk hubungan dengan bupati dan wali kota relatif baik. Setiap tiga bulan sekali kita komunikasi. Dan saya titipkan mereka untuk membereskan indeks yang buruk sehingga jadi alasan kami membantu lebih banyak," katanya. 

Baca juga: Ridwan Kamil Optimistis Tol Cisumdawu Bawa Perubahan untuk Jabar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com