Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU: 6 Daerah di Jateng Masih Kekurangan Surat Suara

Kompas.com - 02/04/2019, 18:22 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

 

SEMARANG, KOMPAS.com - Menjelang 15 hari pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) mencatat masih ada kekurangan surat suara di 6 daerah di Jateng.

Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat mengatakan, surat suara yang kurang di 6 daerah tersebut yakni surat suara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk tingkat kabupaten.

Enam daerah yang masih kekurangan surat suara tersebut yaitu Kabupaten Pati, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Wonogiri.

"Ada beberapa wilayah yang logistiknya belum 100 persen selesai. Kami sudah kirimkan tim ke Jakarta untuk mengawal proses kelengkapan logistik ini," kata Drajat, di sela rapat Forkominda Jawa Tengah Semarang, Selasa (2/4/2019).

Baca juga: Targetkan 4 Hari Rampung, KPU Polman Tambah 500 Petugas Sortir

Yulianto mengatakan, saat ini tim sudah memperoleh kepastian untuk kekurangan logistik tersebut. Rencananya, kekurangan surat suara untuk daerah-daerah di Jateng akan dipenuhi dua hari lagi.

"Sudah ada kepastian dua hari lagi kekurangan itu sudah tercukupi dan segera didistribusikan," tambahnya.

Selain kekurangan surat suara, KPU saat ini tengah fokus menyelesaikan proses perekrutan petugas KPPS. Petugas yang direkrut untuk pemilu 17 April mencapai 115.391 orang.

Untuk petugas KPPS, KPU juga telah melakukan pelatihan untuk mempersiapkan tugas saat hari pencoblosan

"Kendalanya hanya tinggal sedikit, hanya logistik di beberapa daerah," katanya.

Baca juga: Ini Strategi KPU Tekan Angka Golput


Kurang 3,3 juta surat suara

Terpisah, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Tengah Anik Sholihatun mengatakan, hingga 1 April 2019, berdasarkan pengawasan dari Bawaslu, surat surat suara yang masih kurang sebanyak 3,3 juta surat suara.

Total kebutuhan surat suara untuk Jateng mencapai 142 juta surat suara, baik itu surat suara Presiden, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabuapaten/Kota.

"Hasil pengawasan jajaran Bawaslu, hingga 1 April 2019 masih ada 3.342.9870 surat suara yang belum terpenuhi di kabupaten/kota di Jawa Tengah," timpal Anik.

Sejumlah kabupaten dan kota yang kekurangan surat suara antara lain Sukoharjo sebanyak 878.111 surat suara, Wonogiri sebanyak 453.449 surat suara, Sragen sebanyak 322.941, Grobogan sebanyak 241.565, Boyolali sebanyak 217.408, Kabupaten Magelang sebanyak 173.772. Sementara kabupaten/kota lainnya rata-rata masih kekurangan puluhan ribu surat suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com