Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Batam Temukan 1.689 Surat Suara Robek dan Warnanya Buram

Kompas.com - 25/03/2019, 13:32 WIB
Hadi Maulana,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam, Kepulauan Riau. menemukan 1.689 lembar surat suara Pemilu 2019 rusak.  Hal itu diketahui dari hasil proses pelipatan kertas surat suara yang dilakukan.

Ketua KPU Batam Syahrul Huda mengatakan, dari tiga juta lebih total surat suara yang dilipat, ada 1.689 kertas surat suara dinyatakan rusak, dalam proses pelipatan itu.

Kerusakan tersebut terdapat di semua jenis surat suara, baik surat suara calon anggota DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD RI hingga surat suara calon presiden dan wakil presiden.

"Jadi kerusakannya ada di semua jenis surat suara," kata Syahrul melalui pesan singkat, Senin (25/3/2019).

Baca juga: Ribuan Surat Suara Rusak, KPU Sebut Prosedur Gantinya Tidak Sulit

Syahrul menjelaskan, kategori surat suara yang rusak disebabkan warnanya buram, terdapat bercak tinta, robek dan salah potong dari pabriknya.

"Kerusakan murni dari pabriknya, dan di sini hanya disortir ulang seraya dilipat," jelasnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Pusat untuk melaporkan dan selanjutnya meminta pergantian dari kertas surat suara.

Baca juga: KPU Gresik Sebut 10.477 Surat Suara Rusak

Pengajuan pergantian ini juga dilakukan sejalan dengan permohonan tambahan surat suara seiring dengan bertambahnya jumlah masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih khusus (DPK).

"Permohonan sudah disampaikan ke KPU Pusat, tinggal menunggu pengirimannya dari pusat ke KPU Batam, ya mudah-mudahan logistik pemilu tersebut bisa sampai sebelum masa distribusi kertas suara," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com