Ruangan Kepala Kanwil Kemenag Ikut Disegel Saat KPK OTT di Jatim

Kompas.com - 16/03/2019, 15:34 WIB
Ruangan Kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin ikut disegel dengan garis larangan melintas dengan tanda resmi bergambar logo KPK pada Jumat (15/3/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.KOMPAS.com/GHINAN SALMAN Ruangan Kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin ikut disegel dengan garis larangan melintas dengan tanda resmi bergambar logo KPK pada Jumat (15/3/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melakukan penyegelan di ruangan Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur pada Jumat (15/3/2019) sore.

Penyegelan itu dilakukan pasca-KPK melakukan OTT terhadap Ketua Umum PPP Romahurmuziy di Hotel Bumi Surabaya, Jl Basyki Rahmat pada Jumat pagi sekitar pukul 07.50 WIB.

Pantauan Kompas.com di lokasi, dari setiap ruangan yang ada, memang hanya ruangan yang ditempati Haris Hasanuddin selaku Kepala Kanwil Kemenag Jatim yang disegel.


Baca juga: Romahurmuziy Ditangkap KPK, Elite PPP Diminta Cooling Down

Ruangan yang terletak di lantai dua itu disegel dengan garis larangan melintas dengan tanda resmi logo dari KPK.

Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Jatim Markus mengatakan, penyegelan yang dilakukan tim penindakan KPK dilakukan pada Jumat pukul 15.00 WIB. 

"Ada tiga orang dari KPK yang melakukan penyegelan. Mereka sempat masuk ke ruangan (pimpinan) dan membawa kunci ruangan Kakanwil," ucap Markus ditemui di Kantor Kanwil Kemenag Jatim, Sabtu (16/3/2019).

Menurut Markus, tim penindakan KPK hanya melakukan penyegelan.

KPK, kata Markus, tidak membawa berkas apa pun dari ruangan Kepala Kanwil Kemenag Jatim dan tidak memeriksa pegawai yang berada di kantor saat itu.

"Sejauh pengetahuan saya, tim penindakan KPK hanya melakukan penyegelan. Tidak ada penggeledahan, karyawan yang diperiksa, maupun berkas yang dibawa KPK," jelasnya.

Markus menambahkan, setelah tim penindakan KPK melakukan penyegelan di Kantor Kanwil Kemenag Jatim, pihaknya mendapat informasi bahwa setelah itu KPK mendatangi Kantor Kemenag Gresik.

Di sana, lanjut dia, KPK juga menyegel ruangan Kepala Kantor Kemenag Gresik, Muh. Muafaq Wirahadi.

"Ya, setelah dari sini KPK juga menyegel ruangan Kepala Kemenag Gresik. Sepertinya penyegelan ini bersamaan karena KPK juga menyegel ruangan Menag di Jakarta," ucap dia.

Baca juga: Terkait OTT, KPK Segel Ruang Kepala Kankemenag Gresik

Sebelumnya dikabarkan, Kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin bersama Kepala Kantor Krmenag Gresik Muh Muafaq Wirahadi beserta beberapa orang, termasuk Romahurmuziy, turut dibawa dalam rombongan KPK menuju Jakarta melalui Bandara Juanda, Surabaya.

Informasi ini diutarakan oleh salah seorang petugas Pomal di Posko Satgaspam TNI AL Bandara Juanda, Hartono.

Mereka diduga terlibat dalam pengisian jabatan di kemenag pusat dan daerah. Saat ini kasus OTT yang dilakukan KPK terhadap Romahurmuziy dan pejabat kemenag daerah sedang didalami komisi anti rasuah.

Bahkan, KPK sudah menetapkan Romy, sapaan Romahurmuziy, sebagai tersangka dalam kasus dugaan pengisian jabatan di Kemenag.

Kompas TV Partai Persatuan Pembangunan (#PPP) memberhentikan sementara Romahurmuzy setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dirinya sebagai tersangka suap. KPK menetapkan Romysebagai tersangka dalam kasus korupsi jual beli jabatan di Kementerian Agama Jawa Timur periode 2018-2019. Sekjen PPP Asrul Sani menuturkan penetapan status terhadap Romy harus disikapi secara organisasi. Dia menuturkan pihaknya tak memberikan toleransi terhadap siapa pun yang diduga melakukan kejahatan serius. #Romahurmuzy #PPP #diberhentikan #KPK




Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X