Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patah As Kemudi, KM Manusela Rute Baubau-Wakatobi Tabrak Karang

Kompas.com - 14/03/2019, 09:53 WIB
Defriatno Neke,
Khairina

Tim Redaksi


BAUBAU, KOMPAS.com – Sebuah kapal penumpang, KM Manusela 05, dengan rute Kota Baubau- Kabupaten Wakatobi mengalami patah as kemudi.

Akibatnya, kapal tersebut menabrak karang dan mengakibatkan lambung kapal bocor di sekitar karang kapota, perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (14/3/2019) sekitar pukul 04.30 Wita.

“Basarnas Kendari menerima informasi dari Ibu Irma, salah seorang penumpang, bahwa KM Manusela 05, GT 84, mengalami patah as kemudi sehingga menabrak karang,” kata Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, melalui pesan singkatnya, Kamis (14/3/2019).

Baca juga: Kapal Pengangkut 5 Turis Asing Alami Kecelakaan di Perairan Maluku

Wahyudi menambahkan, mesin penggerak pada kapal tersebut sudah tidak bisa dihidupkan.

KM Manusela tersebut memuat penumpang sebanyak 45 orang. Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Jembatan Batu Kota Baubau, Rabu (14/3/2019) malam, dengan tujuan ke Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi.

“Berdasarkan laporan tersebut pada pukul 07.40 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju TKM dengan menggunakan untuk memberikan bantuan SAR,” ujarnya. 

Kompas TV Sepuluh nelayan yang hilang akibat kapal mereka bocor pada Senin (4/2/2019) malam akhirnya dievakuasi Tim SAR ke Pelabuhan Benoa, Bali. Para korban yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur ini sebelumnya terombang-ambing di Perairan Utara Madura selama 10 jam. Pada Selasa (5/2/2019) sore, para nelayan diselamatkan awak kapal kargo berbendera Singapura yang sedang menempuh jalur pelayaran Jakarta-Australia. Para korban Kapal Motor Sri Mulyo yang tenggelam di Perairan Utara Madura selanjutnya diperiksa kesehatan dan dimintai keterangannya terkait kronologi kecelakaan. Mereka segera dipulangkan ke daerah asal Lamongan jika pendataan sudah selesai.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com