Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Bedah Lambung, Sunarti Dianjurkan Konsumsi Vitamin Seumur Hidup

Kompas.com - 19/02/2019, 15:21 WIB
Agie Permadi,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Sunarti, wanita penderita obesitas asal Karawang, Jawa Barat (Jabar), dianjurkan mengkonsumsi vitamin seumur hidup pascabedah lambung di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jabar, Senin (18/2/2019).

Dokter Spesialis Konsultan Bedah Digesif (bedah pencernaan) RSHS Bandung, Reno Rudiman mengatakan, hal itu dilakukan karena bedah lambung memiliki efek samping berupa kekurangan vitamin

"Efek samping itu berupa kekurangan vitamin, karena penyerapan selain makanan, vitamin juga berkurang," kata Reno di RSHS Bandung, Selasa (19/2/2019).

Baca juga: Dioperasi, Lambung Sunarti Kini Tinggal Sepertiga Bagian

Reno mengatakan, pascabedah lambung, asupan makanan yang dikonsumsi Sunarti mulai berkurang.

"Jadi karena asupan makanan dikurangi otomatis asupan vitamin juga berkurang. Padahal vitamin diperlukan oleh tubuh. Jadi untuk menambah asupan vitamin (dari makanan) yang berkurang, diharuskan mengkonsumsi suplemen vitamin," jelasnya.

"Jadi oleh karena itu mereka yang menjalani pemotongan lambung seperti ini dianjurkan seumur hidupnya mengkonsumsi vitamin," kata Reno melanjutkan.

Baca juga: Jika Kondisi Stabil, Sunarti Jalani Operasi Pekan Depan

Tim dokter RSHS Bandung melakukan operasi bariatrik atau bedah lambung terhadap Sunarti (39), wanita penderita obesitas asal Karawang, Senin (18/2/2019).

Sebelum dilakukan pembiusan, tim dokter melakukan pemeriksaan prabedah terhadap Sunarti. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT). Diketahui terjadi penyempitan terhadap pernapasan Sunarti akibat obesitas.

Operasi bariatrik Sunarti membutuhkan waktu selama 2 jam 15 menit. Dua pertiga lambung Sunarti dipotong dengan menggunakan alat potong khusus yang didapatkan secara impor dari Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com