Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dioperasi, Lambung Sunarti Kini Tinggal Sepertiga Bagian

Kompas.com - 18/02/2019, 23:11 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung akhirnya melakukan operasi bariatrik atau bedah lambung terhadap Sunarti (39), perempuan penderita obesitas asal Karawang, Senin (18/2/2019).

"Tadi pagi pukul 08.00, kami lakukan operasi terhadap Ibu Sunarti," kata dokter spesialis konsultan bedah digestif RSHS Bandung, Reno Rudiman, yang ditemui di RSHS Bandung.

Dikatakan, sebelum dilakukan pembiusan, tim dokter melakukan pemeriksaan prabedah terhadap Sunarti.

Pemeriksaan dilakukan oleh dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) pasalnya diketahui bahwa pernapasan Sunarti mengalami penyempitan akibat obesitas yang dideritanya.

"Ada penyempitan (pernapasan) akibat obesitas, tapi tidak menjadi penghalang operasi," ujar Reno.

Baca juga: Jika Kondisi Stabil, Sunarti Jalani Operasi Pekan Depan

Setelah dinyatakan kondisinya stabil, dokter lalu membius Sunarti untuk kemudian dilakukan pemeriksaan selanjutnya, yakni endoskopi.

"Ini ditujukan untuk memeriksa lambungnya apakah cukup sehat untuk dilakukan operasi. Memang ada sedikit efek samping akibat obat yang biasa dikonsumsi oleh Bu Sunarti tapi kami menganggap aman untuk dilanjutkan ke operasi," tuturnya.

Operasi bariatrik Sunarti membutuhkan waktu selama 2 jam 15 menit. Dua pertiga lambung Sunarti dipotong dengan menggunakan alat potong khusus yang didapatkan secara impor dari Amerika.

"Lambungnya dipotong sehingga sekarang tinggal sepertiga bagian dari ukuran lambung sebelumnya dan operasi berjalan dengan lancar," katanya.

Bedah lambung ini bertujuan untuk mengurangi volume dan kapasitas jumlah makanan yang dikonsumsi Sunarti.

Selain itu, tim dokter juga mengangkat sensor lapar yang berada di bagian lambung Sunarti.

Dengan diangkatnya sensor ini, konflik batin yang menciptakan rasa lapar berlebih yang dirasakan Sunarti pun berangsur hilang.

"Ada bagian dari lambung, sensor laparnya itu ikut terbuang jadi walaupun volume makanan sedikit, Bu Sunarti tidak akan merasakan konflik merasa lapar, jadi sesuai saja," ujarnya.

Setelah bedah lambung dilakukan, pihaknya berharap akselerasi penurunan berat badan Sunarti bisa berjalan dengan cepat sehingga berat badan ideal pun bisa segera didapatkan.

"Diharapkan penurunan makanan yang bermakna ini akan dengan cepat menurunkan berat badan Bu Sunarti sehingga mencapai berat badan ideal yang diinginkan," katanya seraya menambahkan kini keadaan Sunarti sudah stabil.

"Operasi berjalan lancar. Kini keadaan Bu Sunarti stabil pascabedah," ujar Reno.

Kompas TV Sunarti, pasien dengan obesitas di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat, mulai mendapat penanganan.<br /> Tim dokter sedang mendiagnosa, fungsi organ tubuh Sunarti yang diperkirakan terganggu akibat berat badannya yang berlebih.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com