Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPR RI Ini Sebut Tol Cigatas Mampu Tingkatkan Perekonomian Jabar Selatan

Kompas.com - 19/02/2019, 14:39 WIB
Irwan Nugraha,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Anggota Komisi V DPR RI Nurhayati membenarkan pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) akan dibangun mulai tahun ini.

Pembangunan tol tersebut diyakini mampu meningkatkan potensi perekonomian di Jawa Barat bagian selatan, yang selama ini terkendala oleh akses perhubungan darat.

"Tol Cigatas betul akan dibangun oleh eksekutif tahun ini. Tol itu akan sangat meningkatkan perekonomian di Jawa Barat selatan. Potensi ekonomi di Jabar selatan sangat besar saat ini ke kota-kota besar, terutama beberapa komoditi bahan pokok di pasar Jakarta dan Bandung," kata Nurhayati, kepada wartawan, di Tasikmalaya, Selasa (19/2/2019).

Baca juga: Tol Cigatas Jadi Solusi Jalur Tengkorak Gentong yang Rawan Kecelakaan

Nurhayati mengatakan, laporan Kementerian PUPR menyebut pembangunan Tol Cigatas memang sempat ada kendala terkait pembebasan lahan pada awalnya.

Namun, berkat sinergitas pemerintah pusat dan daerah terkait, kendala itu sudah teratasi dan siap memasuki pembangunan tahun ini. 

"Kami Komisi V membidangi langsung Kementerian PUPR dan Kemenhub. Jadi, pada awalnya Tol Cigatas ada kendala terkait pembebasan lahan. Tapi, sekarang sudah beres dan siap dibangun tahun ini," tambah Nurhayati.

Meski banyak kalangan yang menilai bahwa di Pulau Jawa sarana transportasi sudah baik dibandingkan dengan pulau lainnya, Nurhayati menilai Tol Cigatas sangat diperlukan untuk mendongkrak potensi ekonomi wilayah selatan Jawa yang terpencil, sebagai pemasok berbagai kebutuhan pokok di kota besar. 

Baca juga: Wagub Jabar: Bukan Hoaks, Tol Cigatas Dibangun Mulai Mei Ini

"Nanti dengan Tol Cigatas bukan hanya mengantisipasi kemacetan saja. Harga-harga bahan pokok pun akan murah, karena akses jalan dari penghasil komoditi pokok ke kota besar distribusinya semakin cepat dan mudah," ungkap dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengaku, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pusat terkait dukungan apa saja yang bisa dikontribusikan oleh daerah untuk memperlancar pembangunan Tol Cigatas.

"Kami terus koordinasi untuk membantu memperlancar pembangunan Tok Cigatas," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com