Rabu, Pembangunan Tanggul Darurat di Bandung Ditargetkan Selesai

Kompas.com - 12/02/2019, 23:35 WIB
Kawat bronjong terlihat sudah diperispakan pemerintah Kabupaten Bandung untuk membangun tanggul yang jebol akibat arus air di sungai kecil di sekitar Komplek Jatiendah Regency, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.KOMPAS.com/AGIEPERMADI Kawat bronjong terlihat sudah diperispakan pemerintah Kabupaten Bandung untuk membangun tanggul yang jebol akibat arus air di sungai kecil di sekitar Komplek Jatiendah Regency, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Bidang dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bandung, Sudrajat mengatakan, tanggul darurat yang dibangun di Komplek Jati Endah Regency, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, ditargetkan selesai pada Rabu (13/2/2019).

Sudrajat mengatakan, hingga Selasa (12/2/2019) sore, petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bandung dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) masih bekerja membangun tanggul tersebut.

"Ini tanggul darurat Insya Allah kalau tidak ada kendala selesai hari ini atau besok," kata Sudrajat saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Pembangunan Tanggul Jebol di Kabupaten Bandung Terkendala Bahan Material


Sudrajat mengatakan, tanggul dengan tebal tiga meter itu terbuat tumpukan batu yang diperkuat oleh kawat bronjong. Meski hanya sementara, tanggul itu dinilai cukup kuat untuk menahan derasnya arus air di sungai tersebut.

Pengerjaan tanggul darurat ini dilakukan sejak Senin (11/2/2019). Sebelumnya pihak pemerintah Kabupaten Bandung sudah berkomunikasi dengan pihak pengembang untuk memperbaiki tanggul tersebut.

Baca juga: PDAM Salurkan 3.000 Liter Air Bersih Untuk Warga Terdampak Banjir Bandang di Bandung.

Tanggul yang jebol di Komplek Jatiendah Regency, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/2/2019) malam, mengakibatkan banjir di perumahan warga. Belasan rumah rusak ringan dan berat.

Banjir juga mengakibatkan korban jiwa.




Close Ads X