Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-ambles, Jalan Lahat-Pagaralam Ditargetkan Berfungsi Pekan Depan

Kompas.com - 05/02/2019, 17:18 WIB
Aji YK Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Jalan penghubung antara Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, diperkirakan bisa berfungis pada pekan depan, setelah ambles sedalam 15 meter akibat longsor.

Pelaksana tugas (PLT) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumatera Selatan Dharma Budi mengatakan, perbaikan saat ini sedang difokuskan untuk pemasangan box culvert atau saluran air sebanyak 12 unit dengan diameter 1,5 x 1,5 meter.

"Box culvert berfungsi agar air dapat mengalir dan tidak mengganggu badan jalan. Pekan depan mungkin bisa difungsionalkan," kata Dharma Budi, Selasa (5/2/2019).

Usai pemasangan saluran air selesai, selanjutnya akan dilakukan penimbunan untuk badan jalan dan diteruskan pemadatan serta pemasangan.

Baca juga: Jalan Penghubung Lahat-Pagaralam Longsor, Transportasi Putus Total

"Alat berat masih berada di lokasi, untuk mengantisipasi longsor. Sejauh ini, masih bisa dilalui kendaraan, tapi hanya bisa satu jalur," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, akses jalan penghubung antara Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, putus total akibat longsor yang terjadi, Sabtu (2/2/2019) 01.30 WIB.

Longsor yang terjadi di jalan tersebut mengakibatkan kontur tanah menjadi ambles sedalam 15 meter. Seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat pun akhirnya tak bisa melintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com