Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Pengusaha Kayu dan Mebel Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.com - 01/02/2019, 17:54 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Para pelaku usaha kayu dan mebel yang tergabung sedulur kayu dan mebel (Sekabel) Jokowi menyatakan dukungannya terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Dukungannya itu akan mereka wujudkan dalam deklarasi di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (3/2/2019).

Ketua Umum Sekabel Jokowi, Setyo Wisnu Broto mengatakan, deklarasi Sekabel Jokowi akan dihadiri Presiden Jokowi dan Tim Bravo Lima yang terdiri purnawirawan jenderal TNI.

Adapun kelima purnawirawan jenderal TNI itu antara lain Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, Laksamana TNI (Purn) Marsetio, Letjen TNI (Purn) Sumardi, dan Marsma TNI (Purn) Heryanto Rachman.

"Insya Allah, Pak Jokowi akan hadir dalam deklarasi (Sekabel Jokowi)," katanya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/2/2019).

Baca juga: Senang, Karmini Pigura Uang Pembelian Keripik Tempe dari Iriana Jokowi

Sedulur kayu dan mebel Jokowi, kata Wisnu, sudah lama mendukung Presiden Jokowi. Pada 2014, kata Wisnu, sedulur kayu dan mebel Jokowi telah menggunakan hak politiknya mendukung Jokowi-Jusuf Kalla.

"Organisasi ini sebenarnya sudah lama. Hanya saja kita baru kali ini membaur tanpa membawa bendera asosiasi," ujarnya.

Wisnu menyebut, secara nasional anggota sedulur kayu dan mebel Jokowi ada sekitar 11-13 juta orang. Terdiri dari para pengusaha dan pekerja di bidang perkayuan dan mebel serta lintas profesi.

Semua telah menyatukan tekad untuk bersama-sama memenangkan pasang Jokowi-Ma'ruf Amin pada 17 April 2019.

Sekjen Sekabel Jokowi, Hari Basuki menjelaskan alasan mendukung dan memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Menurut dia, Jokowi adalah pemimpin yang berkompeten, berintegritas, punya rekam jejak baik, bersih dan antikorupsi.

Baca juga: Selebaran Say No To Jokowi-Maruf Beredar, TKD Jabar Ogah Tanggapi Serius

Pada Pilpres 2019, katanya, sedulur kayu dan mebel Jokowi melibatkan kaum milenial yang tak lain adalah putra-putri pekerja serta pengusaha kayu dan mebel untuk memenangkan Jokowi sebagai presiden periode 2019-2024.

"Divisi milenial Sakabel Jokowi jumlahnya cukup banyak. Mereka kelahiran tahun 80-an hingga awal tahun 2000 sehingga punya hak memilih. Basis massa Sekabel Jokowi tersebar di seluruh Indonesia, dan terbesar di pulau Jawa," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com