KILAS DAERAH

Buka Rute Manado-Xian, Gubernur Sulut Yakin Dongkrak Kunjungan Wisman

Kompas.com - 01/02/2019, 18:30 WIB
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey Dok. Pemprov SulutGubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey

KOMPAS.com – Provinsi Sulawesi Utara ( Sulut)nampaknya berhasil menarik minat wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang tahun 2018.

Terbukti, kunjungan wisman ke provinsi tersebut berhasil menyentuh angka 124.830 orang. Jumlah tersebut telah melampaui target yang ditetapkan, yakni sebanyak 115.826 wisman.

Melihat pencapaian tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Sulut pun menargetkan kunjungan yang lebih tinggi lagi pada 2019, yakni sebesar 150 ribu wisman.

Untuk memenuhi target tersebut, mulai 22 Februari 2019 jumlah penerbangan dari Manado ke China pun ditambah menjadi 13 kali setiap minggu.

Baca jugaMajukan Pariwisata, Gubernur Olly Buka Rute Baru

Rute-rute kota di China yang menjadi target di antaranya Guangzhou, Shanghai, Changsha, dan Tianjin. Masing-masing kota tersebut pun memiliki tiga jadwal penerbangan setiap minggunya.

Selain itu, Sulawesi Utara merintis pula rute terbaru ke kota China lainnya, yaitu Manado-Xian sebanyak satu penerbangan per minggu.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, wisman China menjadi target utama karena sebagian besar kunjungan wisman ke Sulut berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Tak tanggung-tanggung, rute Manado ke kota-kota di China pada 2018 berhasil mengantarkan 107.075 turis China untuk berlibur ke Sulut. Angka tersebut bahkan mencapai 83,78 persen dari total kunjungan seluruh wisman.

Baca jugaKunjungan Wisman ke Sulawesi Utara Pecahkan Rekor Tertinggi

Rute penerbangan yang membawa para wisman ini menjadikan sektor pariwisata tetap menjadi andalan Pemprov Sulut sebagai penggerak ekonomi daerah. Hal tini terbukti dengan lancarnya arus masuk wisman ke provinsi tersebut.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengapresiasi keberhasilan Gubernur Olly yang mendatangkan lebih dari seratus ribu wisman sepanjang 2018.

"Pertumbuhan wisman Sulut termasuk yang tertinggi di Indonesia. Target Pak Olly sebanyak 100 ribu wisman sudah terlampaui. Untuk tahun 2019, saya yakin target 150 ribu Wisman ke Sulut bisa dicapai," kata Menpar Arief seperti dimuat laman resmi Humas Pemprov Sulut.

Sementara itu, Direktur MM Travel Budiharto Bong mengatakan, dibukanya rute penerbangan baru Manado-Xian akan mendorong pihaknya semakin fokus menggarap turis China sekaligus mendukung program pemerintah daerah di sektor pariwisata.

"MM Travel siap melayani seluruh wisman yang berlibur di Sulawesi Utara sekaligus mendukung upaya Gubernur Olly memajukan pariwisata," ucap Budiharto.

Baca jugaMenpar Optimis KEK Pariwisata Likupang Bisa Siap Maret 2019

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X