Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darah Positif Narkoba, Kapolres Empat Lawang Diduga Sudah Lama Jadi Pecandu

Kompas.com - 18/01/2019, 15:50 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

PALEMBANG,KOMPAS.com - Hasil tes darah yang dilakukan terhadap mantan Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setyawan sudah keluar. Darahnya dipastikan mengandung narkoba.

Sebelumnya, Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Sumatera Selatan telah melakukan tes urine kepada AKBP Agus dan dinyatakan positif mengandung amfetamin atau senyawa zat narkoba jenis sabu dan ekstasi.

Kabid Propam Polda Sumsel Kombes Pol Didik Hayamansyah mengatakan, tes darah yang dilakukan kepada AKBP Agus untuk memastikan pria berpangkat melati dua itu menjadi pecandu atau bukan.

"Darah juga positif, begitu juga dengan hasil tes urine," kata Didik saat dikonfirmasi, Jumat (18/1/2019).

Baca juga: Jika Jadi Pencandu, Kapolres Empat Lawang akan Direhabilitasi

Kandungan darah yang positif amfetamin, biasanya dilakukan untuk kepada para pemakai atau pecandu narkoba.

Akan tetapi, Didik belum mau memastikan jika AKBP Agus telah lama jadi seorang pengguna narkoba.

"Akan dipastikan dulu, kami perlu keterangan dari dokter tidak bisa langsung ambil kesimpulan," ujarnya.

Sebelumnya, AKBP Agus dicopot sebagai Kapolres Empat Lawang setelah urinenya positif mengandung narkoba.

Surat pencopotan itu terlihat dari Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/118/I/KEP/2019 tertanggal 15 Januari 2019 yang ditandatangani As SDM Polri Irjen Pol Eko Indra Heri S.

AKBP Agus digantikan AKBP Eko Yudi Karyanto yang sebelumnya menjabat Kaden B Pelopor Satbrimob Polda Sumsel. Serah terima jabatan tersebut (sertijab) akan dilangsungkan dalam waktu dekat ini.

Kompas TV Bahaya narkoba memang tak pandang bulu. Kapolres Empat Lawang di Sumatera Selatan, AKBP Agus Setiawan akhirnya dicopot dari jabatannya Jabatan Kapolres Empat Lawang kini akan segera berpindah tangan kepada AKBP Eko Yudi.<br /> <br /> Keputusan ini diambil Kapolda Sumatera Selatan Irjen Zulkarnain, setelah mengetahui hasil tes urine mendadak yang dilakukan di Mapolda Sumatera Selatan. AKBP Agus positif mengandung zat aktif narkoba sabu dan ekstasi. AKBP Agus pun memberikan keterangan berbelit dan tak jelas saat dimintai penjelasan oleh Kapolda. Tes urine mendadak ini dilakukan bagi seluruh pejabat utama di jajarannya, termasuk para kapolres di 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com