Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Sumsel: Urine Kapolres Empat Lawang Positif Sabu dan Ekstasi

Kompas.com - 16/01/2019, 14:28 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

PALEMBANG,KOMPAS.comKapolda Sumatera Selatan Irjen Zulkarnain Adinegara mengatakan, dari hasil pemeriksaan laboratorium forensik, urine mantan Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setyawan dinyatakan positif mengandung narkoba jenis sabu dan ekstasi.

"Sudah dinyatakan positif menggunakan sabu dan ekstasi. Itu terlihat dari hasil tes urine Kapolres Empat Lawang," kata Zulkarnain, Rabu (16/1/2019).

Zulkarnain menjelaskan, tak ada pandang bulu dalam instansi kepolisian untuk memberantas narkoba walaupun hal itu melibatkan kepala satuan wilayah.

"Ini pertanda, bagi anggota seluruhnya, bukan hanya perwira, semuanya juga jika ketahuan menggunakan narkoba akan ditindak tegas. Anggota jangan main-main dengan narkoba. Bagaimana kita menyikat peredaran narkoba kalau polisinya juga ternyata pemakai," ujarnya.

Pemeriksaan urine terhadap anggota polisi, sambung jenderal bintang dua ini, dilakukan secara terus-menerus selama tiga bulan sekali. Pengecekan tersebut untuk mengantisipasi para anggota Polri yang menggunakan narkoba.

Baca juga: Diduga Positif Narkoba, Kapolres Empat Lawang Dicopot

"Polisi ibarat sapu di pekarangan. Bagaimana kami bisa menyikat narkoba begini kalau sapunya kotor. Aparat dan petugas harus bersih. Jadi ketika mereka sudah terindikasi, akan sulit memberantas narkoba," jelasnya.

AKBP Agus sebelumnya telah dicopot dari jabatannya sebagai kapolres Empat Lawang saat urine pria berpangkat melati dua itu positif mengandung amfetamin yang merupakan senyawa zat narkoba jenis sabu dan ekstasi.

Pencopotan jabatan AKBP Agus terlihat dari Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/118/I/KEP/2019 tertanggal 15 Januari 2019 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Pol Eko Indra Heri S atas nama Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

AKBP Agus Setyawan dalam surat tersebut digantikan AKBP Eko Yudi Karyanto yang sebelumnya menjabat Kaden B Pelopor Satbrimob Polda Sumsel.

Sementara AKBP Agus dimutasikan ke Polda Sumsel untuk menjalani proses hukum terkait urinenya yang positif narkoba.

Kompas TV Untuk mengetahui hasil pengembangan dari terbongkarnya gudang narkoba di laboratorium sekolah di kawasan Jakarta Barat yang melibatkan 3 kurir narkoba, kita tanyakan langsung dengan Kapolsek Kembangan, Jakarta Barat, Kompol Joko Handono.<br />
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com