Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Jadi Pencandu, Kapolres Empat Lawang akan Direhabilitasi

Kompas.com - 16/01/2019, 18:33 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Polda Sumatera Selatan saat ini masih melakukan pemeriksaan secara mendalam terhadap mantan Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setyawan yang terbukti menggunakan narkoba jenis sabu dan ekstasi.

Bahkan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkaranain Adinegara pun akan menyelidiki  sumber narkoba serta jaringan yang menyuplai narkoba untuk AKBP Agus.

Dikatakan Zulkarnain, AKBP Agus diduga bukan kali pertama menggunakan narkoba sehingga saat pemeriksaan urine secara mendadak dinyatakan positif.

"Kalau jadi pecandu, kami akan rehab (AKBP Agus)," kata Zulkarnain, Rabu (16/1/2019).

Baca juga: Kapolda Sumsel: Urine Kapolres Empat Lawang Positif Sabu dan Ekstasi

Zulkarnain menjelaskan, Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Sumsel juga mencari siapa saja rekan dari AKBP Agus yang sering memakai narkoba secara bersama-sama.

"Sungguh pun kami belum tahu dan membuktikan, si oknum polisi memakai (narkoba) dimana dengan siapa. Semua sedang dikembangkan, apakah dirinya memiliki jaringan. Konsekuensi tindak tegas. Bukan hanya masyarakat, tapi oknum juga saya tindak tegas," jelasnya.

Jenderal bintang dua ini pun mengimbau agar seluruh jajarannya yang lain tidak menggunakan narkoba. Sehingga, kasus dari AKBP Agus pun dijadikan contoh.

"Kalau tidak terbukti dikenakan tindakan disiplin minimal dicopot dari jabatan.Kalau kami bisa membuktikan (barang bukti), lain lagi ceritanya bisa ke pidana narkoba. Semua orang sama di mata hukum," kata dia.

Kompas TV Bahaya narkoba memang tak pandang bulu. Kapolres Empat Lawang di Sumatera Selatan, AKBP Agus Setiawan akhirnya dicopot dari jabatannya Jabatan Kapolres Empat Lawang kini akan segera berpindah tangan kepada AKBP Eko Yudi.<br /> <br /> Keputusan ini diambil Kapolda Sumatera Selatan Irjen Zulkarnain, setelah mengetahui hasil tes urine mendadak yang dilakukan di Mapolda Sumatera Selatan. AKBP Agus positif mengandung zat aktif narkoba sabu dan ekstasi. AKBP Agus pun memberikan keterangan berbelit dan tak jelas saat dimintai penjelasan oleh Kapolda. Tes urine mendadak ini dilakukan bagi seluruh pejabat utama di jajarannya, termasuk para kapolres di 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com