Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Gizi Buruk Akut Akhirnya Dibawa ke Rumah Sakit

Kompas.com - 17/01/2019, 15:35 WIB
Masriadi ,
Khairina

Tim Redaksi



ACEH UTARA, KOMPAS.com - Camat Lapang, Puskesmas Lapang, dan Dinas Kesehatan Aceh Utara akhirnya membawa Intan Zahar (4) anak penderita gizi buruk akut warga Desa Kuala Keureuto, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara ke Rumah Sakit Umum Cut Meutia, Aceh Utara, Kamis (17/1/2019).

Camat Lapang, Aceh Utara, Surya Pachta menyebutkan, anak itu dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis. Sehingga, diharapkan anak itu bisa membaik.

Baca juga: Bupati Instruksikan Anak Gizi Buruk Akut Dibawa ke Rumah Sakit

“Saat umur setahun anak itu sering step. Sehingga terjadi kelainan saraf, sampai sekarang tidak bisa berjalan dan berat badan tidak bertambah. Itu kasus gizi buruk lama dan sudah pernah dirujuk sampai ke Banda Aceh untuk scan saraf dan terapi,” terang Surya.

Dia mengklaim, sejak bayi anak itu mendapat bantuan gizi dari Puskemas Lapang. Tetapi, berat badannya tak kunjung bertambah. Dia menyebutkan, penanganan puskesmas hanya saat ada demam, batuk, dan komplikasi lainnya.

“Untuk memperbaiki saraf yang tidak berkembang, itu agak tidak memungkinkan. Meski begitu, kita lihat nanti bagaimana hasil penanganan medis lebih komprehensif di rumah sakit,” pungkasnya.

Kompas TV Sekitar 80-an anak meninggal dunia karena busung lapar, campak, dan sejumlah penyakit lain di sejumlah distrik di Asmat pada Desember 2017 hingga Januari 2018.<br /> <br /> Meski status kejadian luar biasa telah dicabut, kepedulian dan sorotan terhadap kualitas hidup warga Asmat masih berdatangan salah satunya dari dana kemanusiaan Kompas yang menyerahkan lima lapangan bermain bagi warga Asmat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com