Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Instruksikan Anak Gizi Buruk Akut Dibawa ke Rumah Sakit

Kompas.com - 17/01/2019, 13:52 WIB
Masriadi ,
Khairina

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.comBupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, mengintruksikan Kepala Dinas Kesehatan, Aceh Utara, Kamis (17/1/2019) untuk membawa anak penderita gizi buruk akut Intan Zahar (4) warga Desa Kuala Keureuto, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara ke Rumah Sakit Umum Cut Meutia, Aceh Utara.

“Tadi malam sudah saya intruksikan, agar ditangani dan dibawa ke rumah sakit secepatnya,” kata pria yang akrab disapa Cek Mad itu.

Dia menyebutkan, menurut laporan Dinas Kesehatan Aceh Utara, anak itu pernah ditangani tahun 2016 dengan memberikan bantuan makanan tambahan selama tiga bulan.

Lalu, awal 2018 juga diberikan bantuan makanan tambahan tiga bulan, karena perkembangan pertumbuhannya kurang baik.

“Dua minggu terakhir ini, anak itu mengalami demam, tidak mau makan, dan mengalami gatal-gatal. Jadi saya intruksikan observasi mendalam ke rumah sakit milik Pemkab Aceh Utara,” kata Cek Mad.

Baca juga: Puskesmas Aceh Utara Klaim Pernah Tangani Bocah 4 Tahun yang Alami Gizi Buruk, tapi...

Dia menyebutkan, saat lahir, anak itu juga mengalami demam. Namun baru dirujuk ke rumah setelah orang tua keluar dari ruang persalinan.

”Pokoknya saya intruksikan bantu penanganan kesehatan anak itu. Tadi saya buat rapat khusus buat kasus itu,” pungkas Cek Mad.

Sebelumnya diberitakan, Intan Zahar (4) warga Desa Kuala Keureuto, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara ke Rumah Sakit Umum Cut Meutia, Aceh Utara mengalami gizi buruk akut. Kasus ini pun menjadi perbincangan netizen (warga net) di sejumlah media sosial.

Kompas TV Sekitar 80-an anak meninggal dunia karena busung lapar, campak, dan sejumlah penyakit lain di sejumlah distrik di Asmat pada Desember 2017 hingga Januari 2018.<br /> <br /> Meski status kejadian luar biasa telah dicabut, kepedulian dan sorotan terhadap kualitas hidup warga Asmat masih berdatangan salah satunya dari dana kemanusiaan Kompas yang menyerahkan lima lapangan bermain bagi warga Asmat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com