Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Alumni Unair Siapkan Deklarasi Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.com - 10/01/2019, 07:47 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kelompok alumni kampus yang mengatasnamakan alumni Universitas Airlangga Surabaya menyiapkan acara deklarasi relawan untuk mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dukungan relawan "Komun1tas Pojok Airlangga" rencananya digelar pada Jumat (11/1/2019) siang di Surabaya.

Relawan tersebut berisi individu-individu alumni Unair dari berbagai jurusan dan angkatan yang berada di Surabaya.

"Kami ini relawan pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin secara pribadi, bukan atas nama lembaga atau ikatan alumni," kata Ketua Panitia Deklarasi, Anugrah Ariyadi, Rabu (9/1/2019) malam.

Baca juga: Jokowi Disebut Sahabat Perempuan, Srikandi Solo Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Amin

Dalam acara tersebut, kata Anugrah, juga akan digelar acara bedah buku "Menuju Cahaya : Jokowi Perjalanan Karya Bagi Bangsa" karya Alberthiene Endah.

Menurut Anugrah, para alumni Unair ini berkumpul karena melihat kinerja kepemimpinan Jokowi sejak 2014 bagus dan karena itu layak diteruskan untuk periode 2019-2024.

Kata dia, Komun1tas Pojok Airlangga merupakan reaksi spontan para alumni atas situasi politik dan kebangsaan yang sedang berkembang saat ini.

"Jadi memang tidak ada hubungannya dengan Ikatan Alumni Unair yang sudah ada. Kami adalah sekumpulan warga negara yang kebetulan pernah sekolah di universitas yang sama," jelasnya.

Terpisah, kata Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA), M. Budi Widajanto, seluruh alumni Universitas Airlangga sebagai individu, sah untuk menyalurkan pilihan politiknya, sepanjang tidak mengatas namakan IKA UA.

"IKA UA sebagai organisasi resmi Alumni Universitas Airlangga, adalah organisasi independen dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis, termasuk dukung mendukung pasangan capres dan cawapres,' ujarnya.

Sebelumnya, kelompok relawan yang juga mengatasnamakan alumni Unair, membuat sekretariat bersama (Sekber) dengan kelompok alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kedua kelompok alumni itu membuat wadah relawan pendukung pasangan capres cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Kompas TV Ikatan Pilot Indonesia atau IPI menyatakan netral dalam Pilpres mendatang, organisasi ini juga menyatakan tidak terlibat dalam politik praktis. Pernyataan IPI untuk mengklarifikasi video dukungan pilot terhadap salah satu calon presiden yang beredar di media sosial. Badan pengurus ikatan pilot Indonesia mengatakan IPI merupakan organisasi profesi pilot profesional yang tidak terlibat dalam politik praktis. Mereka mengatakan pilot Indonesia yang tergabung dalam deklarasi di video tersebut bukan dari Ikatan Pilot Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com