Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Disebut Sahabat Perempuan, Srikandi Solo Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.com - 09/01/2019, 14:14 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Aktivis perempuan dan ibu rumah tangga di Kota Solo, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Komunitas Srikandi Indonesia (KSI) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Deklarasi KSI digelar di Gedung Graha Saba Buana di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/1/2019).

Deklarasi tersebut diikuti sekitar 500 peserta dari 20 komunitas perempuan dan dihadiri Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, Direktur Penggalang Pemilih Perempuan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Ida Fauziyah dan Ketua Umum KSI Yanti Rukmana.

Yanti menjelaskan, nama Srikandi dipilih karena merupakan simbol suri teladan prajurit perempuan dalam pewayangan.

Tujuan pergerakan KSI adalah mengangkat harkat dan peran perempuan-perempuan Indonesia untuk lebih baik, sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai pendukung ekonomi keluarga.

"Deklarasi dilatarbelakangi oleh berkembangnya kerawanan pemilihan presiden di Indonesia yang semakin meningkat," kata Yanti.

Baca juga: Menteri Yohana Kukuhkan 1.500 Srikandi Penjaga Sungai Indonesia

Yanti mengatakan, dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf Amin karena pasangan ini diyakini akan memberikan kehidupan politik yang bersih dan mengabdi kepada rakyat.

"Srikandi Indonesia percaya diri untuk terus melawan kebohongan, menjaga keluarga untuk tidak mudah terkontaminasi kebohongan," katanya.

Menurut Ida, Indonesia membutuhkan pemimpin yang menjadikan perempuan sebagai sahabat. Pemimpin yang dimaksudkan tersebut adalah Prasiden Jokowi yang sekarang ini mencalonkan kembali sebagai capres pada Pilpres 2019.

Bahkan, lanjut Ida, empat tahun menjadi pemimpin Indonesia, Presiden Jokowi menempatkan perempuan bukan sebagai subordinat (bawahan) melainkan mitra strategis bagi kaum laki-laki.

"Kebersahajaan Pak Jokowi itu saya kira layak untuk kita katakan Jokowi adalah sahabat perempuan," ungkap Ida.

Baca juga: Perjuangan Srikandi Lakardowo Gugat Perusahaan yang Cemari Lingkungan

Politikus Senior Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menambahkan, Presiden Jokowi telah membuktikan komitmennya terhadap kaum perempuan selama empat tahun terakhir kepemimpinannya, yakni menempatkan perempuan dalam pemerintahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com