Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Ahli Waris Korban Longsor Sukabumi Terima Santunan dari Mensos

Kompas.com - 03/01/2019, 15:36 WIB
Budiyanto ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SUKABUMI, KOMPAS.com - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan santunan kepada 13 orang ahli waris korban meninggal dunia pada bencana longsor di Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (3/1/2019).

Penyerahan santunan kepada para ahli waris digelar di Posko Terpadu Penanggulangan Bencana di Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi. Masing-masing ahli waris mendapatkan santunan sebesar Rp 15 juta.

Sebelum menyerahkan santunan, Mensos dan rombongan sempat meninjau lokasi bencana tanah longsor dan rumah yang tertimbun di Kampung Garehong, yang berjarak sekitar 700 meter. Peninjauan diwarnai turunnya hujan.

Baca juga: Ridwan Kamil Angkat Kakak Beradik Korban Longsor Sukabumi Jadi Anak Asuh

"Berapa pun jumlah korban yang meninggal akibat bencana longsor, pemerintah pusat Kemensos akan memberikan santunan kepada para ahli warisnya," ungkap Agus.

Dia mengatakan, kedatangannya ke Cisolok untuk menyaksikan secara langsung bagaimana kegiatan-kegiatan pengelolaan pascabencana longsor. Khususnya saat ini fokus pada pencarian korban dan evakuasi.

"Evakuasi ini masih berat, masid perlu mendatangkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk mempermudah evakuasi," kata dia.

"Kami sudah berkoordinasi dengan lembaga yang lain, seperti BNPB akan segera mengirimkan peralatan yang cocok di lokasi kejadian ini," sambung dia.

Salah seorang ahli waris, Amid (26), mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan santunan.

"Santunan ini akan kami manfaatkan untuk sehari-hari," ucap Amid, yang kedua orangtuanya menjadi korban bencana longsor.

Penyerahan santunan ini dihadiri Direktur Jenderral Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat, Danrem 061/Suryakancana Kolonel (Inf) Mohamad Hasan, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sarjono, Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi Letkol (Inf) Haris Sukarman, Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi, Kepala Desa Sirnaresmi Irwan Kurniawan, serta 13 orang ahli waris.

Diberitakan sebelumnya, bencana tanah longsor terjadi di wilayah Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (31/12/2018) petang.

Baca juga: Pemprov Jabar Siap Bantu Relokasi Korban Longsor Sukabumi

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 18.00 WIB (sebelumnya ditulis 17.00 WIB), di Kampung Garehong, Kadusunan Cimapag, Desa Sirnaresmi.

Akibat longsor yang terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Sukabumi, itu puluhan rumah tertimbun.

Daftar sementara nama korban meninggal dunia dalam bencana tanah longsor di Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, sebagai berikut:

1. Hendra alias Jubed (35)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com