Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Cek Langsung Kelayakan Bus Wisata di Candi Borobudur

Kompas.com - 28/12/2018, 12:03 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Khairina

Tim Redaksi


MAGELANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi melakukan pengecekan moda transportasi (rampcheck) umum di kawasan parkir Taman Wisata Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah, Kamis (27/12/2018),

Budi dan jajarannya satu per satu memeriksa kelayakan teknis sejumlah bus wisata yang terparkir di lokasi itu. Menurutnya, bus wisata kerap mengalami kecelakaan karena bus tidak laik jalan.

"Oleh karena itu, kami melakukan rampcheck, untuk melihat fungsi rem, lampu dan sebagainya. Kami minta kepada pengelola bus pariwisata untuk memperhatikan hal tersebut," jelas Budi, di sela-sela pengecekan.

Baca juga: Kunjungi Tawangmangu, Menhub Budi Karya Cek Rem Bus Pariwisata

Di samping kelayakan teknis, keselamatan perjalanan juga bergantung pada kondisi pengemudi. Pengemudi harus memperhatikan kecepatan laju kendaraan baik di jalan tol maupun di jalan umum.

"Adanya jalan tol memang mengurangi kemacetan, namun yang tetap harus diingat adalah soal keselamatan kita semua," ucapnya.

Pihaknya bersama dengan kepolisian sudah melakukan pembatasan kecepatan di jalan tol, karena masih banyak pengemudi yang ingin mencapai kota tujuan dengan lebih cepat namun mengabaikan keselamatan.

"Kecepatan di jalan tol dibatasi maksimal 100 kilometer per jam. Ada cara-cara melakukan pembatasan itu dengan memasang kamera di beberapa lokasi, tetapi sementara ini belum terlalu ketat," ungkapnya.

Budi menjelaskan, dalam industri trasportasi, keselamatan menduduki ranking tertinggi. Keselamatan harus dijaga karena berkaitan dengan nyawa manusia.

Pada liburan Natal dan tahun baru ini, Kemenhub melakukan pemetaan wilayah pergerakan penumpang. Disebutkan, transportasi darat merupakan moda paling besar dalam pergerakan penumpang.

"Pulau Jawa menjadi tempat pergerakan paling banyak. Pemetaan yang kedua adalah bus pariwisata yang banyak mengalami kecelakaan di tahun-tahun lalu. Hal itu disebabkan karena kendaraan atau sopir yang tidak laik," imbuhnya.

Tahun ini Kemenhub menargetkan sebanyak 35.000 unit di-rampcheck, terdiri dari bus pariwisata maupun bus umum. Sampai saat ini sudah tercapai sekitar 70 persen dari angka tersebut. 

Kompas TV Bagaimana Kementerian Perhubungan memastikan sarana dan prasarana transportasi dapat beroperasi normal pasca tsunami yang menghantam wilayah pesisir Selat Sunda pada 22 Desember lalu dan sejauh mana persiapan Kementerian Perhubungan menyiasati puncak mudik natal dan tahun baru? Kita bahas bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com