Kunjungi Tawangmangu, Menhub Budi Karya Cek Rem Bus Pariwisata

Kompas.com - 27/12/2018, 21:10 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi masuk ke dalam kolong bus mengecek rem bus pariwisata yang parkir di area taman wisata Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis ( 27/12/2018). Kontributor Solo, Muhlis Al AlawiMenhub Budi Karya Sumadi masuk ke dalam kolong bus mengecek rem bus pariwisata yang parkir di area taman wisata Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis ( 27/12/2018).

KARANGANYAR, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi obyek wisata Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (27/12/2018) sore.

Menhub datang bersama rombongannya ke Tawangmangu tidak untuk berwisata, namun untuk inspeksi mendadak (sidak).

Bersama Kepala Korps Lalu Lintas, Irjen Pol Refdi Andri mengecek kesiapan angkutan umum yang berada di lokasi pariwisata memasuki liburan tahun baru.

"Pemantuan ini kami lakukan dibeberapa tempat wisata yang ramai dikunjungi orang pada musim liburan natal dan tahun baru," ujar Menhub Budi Karya kepada wartawan usai mengecek kesiapan angkutan penumpang liburan natal dan tahun baru.


Tak sekedar mengecek kesiapan angkutan, orang.nomer satu di kementerian perhubungan itu mengecek langsung kondisi rem bus- bus pariwisata. Bahkan Budi langsung mengecek sendiri kondisi rem bus parawisata.

Baca juga: Menhub: Dunia Penerbangan Tak Boleh Lari dari Perannya sebagai Pemersatu Bangsa

Kepada pengemudi kendaraan bermotor, Menhub Budi Karya mengingatkan batas kecepatan maksimal saat melintas di jalan tol. Sesuai aturan, batas kecepatan maksimal kendaraan yang meintas di jalan hingga 100 km/jam.

"Kami minta pengemudi tidak memacu kecepatan melebihi 100. Km/jam. Kalau itu dilakukan akan berisiko," ungkap Menhub.

Tes urine

Sementara itu Kakorlantas, Irjen Pol Refdi Andri menyatakan selain mengecek rem, petugas mengecek urine pengemudi bus. Dengan demikian, dipastikan pengemudi bebas dari pengaruh alkohol dan narkoba. 

"Kami juga mengecek urine para pengemudi," ujar Andri.

Baca juga: Kemenhub Tilang Belasan Bus Pariwisata Tak Layak Jalan di Borobudur

Andri menambahkan sarana prasarana jalan yang dibangun oleh Kemenhub juga harus dibarengi dengan kendaraan berkeselamatan.

Untuk itu kehadiran rombongan Menhub dan timnya memastikan semua berjalan dengan baik.

"Dan setelah dicek semuanya berjalan dengan baik," demikian kata Andri. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X