Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Gratis KA Galunggung Habis Dipesan hingga Tahun Baru

Kompas.com - 27/12/2018, 22:25 WIB
Irwan Nugraha,
Khairina

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Tiket gratis Kereta Api Galunggung relasi Bandung-Tasikmalaya, sudah habis dipesan sampai 2 Januari 2019. Sebab, masa libur sekolah mulai berakhir setelah pergantian tahun.

Namun, tiket hari berikutnya masih tersedia dan bisa dipesan di stasiun yang disinggahi kereta api yang baru diluncurkan, Rabu (26/12/2018) kemarin.

"Sampai tanggal 1 Januari 2019, 636 kursi per perjalanan sudah habis dipesan penumpang. Kursi baru tersedia tanggal 2 Januari 2019 mendatang. Tiket hingga 25 Januari ini gratis, tapi harus melalui pemesanan melalui loket terlebih dahulu," ujar Kepala Stasiun Tasikmalaya, Arief Wahyono, saat dimintai keterangan, Kamis (27/12/2018).

Baca juga: Kisah Penumpang KA Galunggung, dari Kehabisan Tiket hingga Pengalaman Pertama Naik Kereta

Ditambahkan Arief, pemesanan tiket bisa dilakukan di loket Stasiun Rancaekek, Cicalengka, Nagrek, Leles, Cibatu, Cipeundeuy, Ciawi, Tasikmalaya dan Kiaracondong Bandung.

Satu orang pemesan bisa untuk maksimal empat tiket. Calon penumpang pun harus datang langsung ke stasiun dan belum bisa melalui aplikasi online.

"Jadi tidak dahulu melalui aplikasi kereta api di telepon pintar. Ini masih dalam tahap ujicoba," katanya.

Meskipun tidak dikenakan tarif, lanjut Arief, calon penumpang tetap harus memesan tiket terlebih dahulu. Syaratnya, dengan mengisi formulir serta menunjukkan identitas resmi seperti KTP, SIM ataupun paspor dan langsung ke loket di stasiun yang dilewati kereta.

"Tetap harus ada pemesanan dahulu di loket stasiun asal atau tujuan, ataupun stasiun yang disinggahi. Secara teknis harusnya bisa," tambahnya.

Salah seorang calon penumpang asal Bandung, Novianti (34) mengatakan, sebelumnya belum mengetahui persis bagaimana tata cara pemesanan tiket KA Galunggung. Dalam waktu dekat, dia ada rencana untuk berkunjung ke Tasikmalaya.

Namun, dirinya datang ke stasiun dan langsung diberikan arahan bahwa pemesanan tiket secara langsung di loket.

"Pesannya bisa pulang pergi atau tidak, katanya di Tasik sudah habis," ujarnya.

Senada juga dikatakan warga Tasikmalaya, Dede Supriatin (66). Ia berencana mengantar cucu ke Bandung karena masa liburan sudah habis.

"Anak juga memberi tahu, ada kereta gratis. Langsung naik di stasiun, atau bagaimana. Soalnya cucu masuk sekolah tanggal 2 Januari," pungkasnya. 

Kompas TV Pemerintah terus memaksimalkan pelayanan angkutan liburan natal dan tahun baru. Untuk menjamin keamanan penerbangan BNN kota Baubau menggelar tes urin pada kru pesawat Wings Air, sementara di Surabaya pengguna kereta api melonjak PT KAI menyebutkan tiket kereta tambahan yang tersisa hanya 15 persen.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com