Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Natal di Barat Sulawesi, Ide Inovasi Pemuda untuk Warga Kota

Kompas.com - 22/12/2018, 12:39 WIB
Junaedi,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MAMASA, KOMPAS.com Kampung Natal di Mamasa, Sulawesi Barat, ramai dikunjungi warga, terutama pada malam hari. Di sini, mereka datang untuk saling merekatkan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan. 

Kampung yang baru digelar menjelang perayaan Natal ini diinisiasi oleh sejumlah pemuda di Mamasa.

Ketua Panitia Kampung Natal, Crisnawan Lopo Sude, menjelaskan, ide ini muncul dari sejumlah pemuda di jemaat Mamasa Kota dalam rangka memeriahkan Natal pada tahun ini. 

Kampung Natal sengaja dihadirkan agar memotivasi pemuda-pemudi Mamasa untuk terus berkarya dalam menyambut setiap momen kerohanian dengan melahirkan sebuah inovasi baru yang dapat memberi manfaat positif bagi semua masyarakat Mamasa.

“Ide membangun Kampung Natal ini muncul dari sejumlah pemuda di Mamasa untuk menghadirkan suasana perayaan Natal yang nuansanya berbeda,” tutur Crisnawan. 

Pernak-pernik Natal yang menghiasi Kampung Natal sengaja dibuat khusus untuk membawa warga yang datang terhadap sejarah kelahiran Yesus Kristus. 

Ada ratusan lampu warna-warni dipasang di sana-sini untuk menciptakan suasana Natal yang ceria. Ada pula hiasan pohon natal, kandang tempat bayi Yesus lahir lengkap dengan replika dombanya, serta sejumlah ornamen natal lainya

Kampung Natal juga menyajikan aneka menu makanan ringan, sajian kopi khas Mamasa hingga live music kepada warga untuk menghadirkan suasana natal yang khidmat dan ceria. 

Setiap pengunjung yang datang akan merasakan suasana Natal yang begitu ceria, berbeda dengan tempat lain pada umumnya.

Keceriaan Kampung Natal dapat dinikmati hingga menjelang puncak peringatan Natal pada tanggal 25 Desember 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com